Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Dampak Positif Mahasiswa yang Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 11/10/2022, 10:29 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merasa salah pilih jurusan kuliah mungkin pernah dirasakan oleh sebagian mahasiswa.

Perasaan ini bisa saja muncul setelah menjalani masa perkuliahan di semester-semester awal. Mahasiswa merasakan kesulitan mengikuti perkuliahan atau keteteran dalam mengerjakan berbagai tugas atau praktikum dari dosen.

Namun jangan khawatir bagi mahasiswa yang merasa salah pilih jurusan kuliah. Meski sedang merasa terpuruk, salah pilih jurusan kuliah tidak selalu menjadi hal merugikan saja. Tapi dengan salah jurusan kuliah juga bisa memiliki dampak positif.

Melansir dari laman laman penyedia lowongan kerja dan magang Prosple Indonesia, ada dampak positif yang bisa dipetik mahasiswa salah jurusan kuliah. Simak informasi berikut ini:

Baca juga: 7 Solusi bagi Mahasiswa yang Salah Pilih Jurusan Kuliah

Dampak positif mahasiswa yang salah pilih jurusan kuliah

1. Menambah pengetahuan baru

Meski salah jurusan kuliah, tetap saja mahasiswa akan mendapatkan ilmu-ilmu yang baru dari tiap perkuliahan yang diikuti. Ilmu pengetahuan yang bertambah ini menjadi suatu hal yang tidak akan sia-sia seumur hidup.

2. Belajar bertanggung jawab

Saat merasa salah pilih jurusan kuliah, jangan terburu-buru untuk berhenti kuliah. Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk keluar dari jurusan kuliah. Karena bisa saja mahasiswa hanya bosan sesaat.

Kamu tetap bisa melanjutkan kuliah dan belajar bertanggung jawab dengan keputusan yang telah diambil dulu. 

Baca juga: 7 Contoh Pertanyaan Saat Wawancara Beasiswa, Mahasiswa Cek

3. Punya beragam pilihan pekerjaan

Dampak positif lainnya dari salah pilih jurusan adalah ketika berhasil menyelesaikan studi, mahasiswa akan dihadapkan dengan banyak pilihan pekerjaan. Yaitu pilihan untuk bekerja sesuai passion atau bekerja sesuai dengan jurusanmu.

Dengan banyak pilihan opsi pekerjaan, kamu bisa dengan mudah mempertimbangkan kedua pilihan tersebut saat melamar kerja. 

Baca juga: Cek Syarat dan Berkas untuk Daftar Beasiswa Unggulan 2022

Itulah 3 dampak positif yang bisa dipetik mahasiswa salah pilih jurusan kuliah. Sehingga meski salah pilih jurusan kuliah, kamu tetap harus semangat dan berusaha menyelesaikan studimu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com