Kompas.com - 11/10/2022, 10:29 WIB
|

KOMPAS.com - Merasa salah pilih jurusan kuliah mungkin pernah dirasakan oleh sebagian mahasiswa.

Perasaan ini bisa saja muncul setelah menjalani masa perkuliahan di semester-semester awal. Mahasiswa merasakan kesulitan mengikuti perkuliahan atau keteteran dalam mengerjakan berbagai tugas atau praktikum dari dosen.

Namun jangan khawatir bagi mahasiswa yang merasa salah pilih jurusan kuliah. Meski sedang merasa terpuruk, salah pilih jurusan kuliah tidak selalu menjadi hal merugikan saja. Tapi dengan salah jurusan kuliah juga bisa memiliki dampak positif.

Melansir dari laman laman penyedia lowongan kerja dan magang Prosple Indonesia, ada dampak positif yang bisa dipetik mahasiswa salah jurusan kuliah. Simak informasi berikut ini:

Baca juga: 7 Solusi bagi Mahasiswa yang Salah Pilih Jurusan Kuliah

Dampak positif mahasiswa yang salah pilih jurusan kuliah

1. Menambah pengetahuan baru

Meski salah jurusan kuliah, tetap saja mahasiswa akan mendapatkan ilmu-ilmu yang baru dari tiap perkuliahan yang diikuti. Ilmu pengetahuan yang bertambah ini menjadi suatu hal yang tidak akan sia-sia seumur hidup.

2. Belajar bertanggung jawab

Saat merasa salah pilih jurusan kuliah, jangan terburu-buru untuk berhenti kuliah. Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk keluar dari jurusan kuliah. Karena bisa saja mahasiswa hanya bosan sesaat.

Kamu tetap bisa melanjutkan kuliah dan belajar bertanggung jawab dengan keputusan yang telah diambil dulu. 

Baca juga: 7 Contoh Pertanyaan Saat Wawancara Beasiswa, Mahasiswa Cek

3. Punya beragam pilihan pekerjaan

Dampak positif lainnya dari salah pilih jurusan adalah ketika berhasil menyelesaikan studi, mahasiswa akan dihadapkan dengan banyak pilihan pekerjaan. Yaitu pilihan untuk bekerja sesuai passion atau bekerja sesuai dengan jurusanmu.

Dengan banyak pilihan opsi pekerjaan, kamu bisa dengan mudah mempertimbangkan kedua pilihan tersebut saat melamar kerja. 

Baca juga: Cek Syarat dan Berkas untuk Daftar Beasiswa Unggulan 2022

Itulah 3 dampak positif yang bisa dipetik mahasiswa salah pilih jurusan kuliah. Sehingga meski salah pilih jurusan kuliah, kamu tetap harus semangat dan berusaha menyelesaikan studimu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.