Kompas.com - 18/10/2022, 16:40 WIB
|

KOMPAS.com - Sampah plastik bekas berbagai macam bungkus makanan dapat diolah menjadi barang bernilai. Yakni menjadi holder ponsel.

Hal itu dilakukan Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University saat memberikan pelatihan pembuatan holder ponsel.

Pelatihan ditujukan kepada ibu-ibu anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan majelis taklim di Desa Cibanteng, Bogor, Jawa Barat.

Pelatih Klub Kreativa Agrianita Departemen ESL, Denok selaku narasumber menjelaskan, dalam pelatihan itu ibu-ibu diajarkan cara menjahit.

Baca juga: Peneliti IPB Inovasi Garam bagi Penderita Hipertensi

"Baik dengan mesin maupun manual dengan metode jelujur. Sisa limbah plastik dan kain perca dimanfaatkan untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomis," tuturnya dikutip dari laman IPB, Selasa (18/10/2022).

Adapun kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama Departemen ESL dengan PT SMI. Kerjasama kedua pihak telah terjalin sejak 2020, terutama dalam hal pengabdian kepada masyarakat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Dr. Pini Wijayanti dan Dr. Arini Hardjanto, dosen Departemen ESL.

Kembangkan desa rendah karbon

Sementara Dr. Meti Ekayani, Sekretaris Departemen ESL yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa tahun ini kegiatan pengabdian berfokus pada pengembangan Desa Rendah Karbon.

"Bagaimana mewujudkan desa Cibanteng menjadi desa hijau, di mana pada aktivitasnya membantu dan berkontribusi untuk mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat," terangnya.

Diharapkan, Desa Cibanteng, sebagai desa mitra Departemen ESL, ke depannya mampu mengelola sampah yang bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi bagi ibu-ibu desa.

Halaman:
Sumber ipb.ac.id


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.