Kompas.com - 24/10/2022, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini, di Indonesia tengah merebak kasus gagal ginjal pada anak. Hingga membuat panik masyarakat.

Terkait hal itu, dua dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya (FK UB) dr. Astrid Kristina Kardani, M.Biomed, Sp.A(K) dan Dr. dr. Krisni Subandiyah, Sp.A(K) memberikan respons atas kejadian tersebut.

Tentunya, kedua dosen bidang Nefrologi Anak tersebut mengajak masyarakat untuk tetap waspada namun agar tidak panik.

Menurut Krisni, pasien Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal atau disebut GGAPA memang membuat panik.

Baca juga: Ini Penyebab dan Gejala Gagal Ginjal Akut, Info UMA

"Pasien GGAPA mayoritas umur terbanyak dari usia 2-5 tahun, kebanyakan datang dengan demam, batuk, pilek, muntah, nyeri perut dan diare," ujarnya dikutip dari laman UB, Senin (24/10/2022).

Belum diketahui penyebabnya

Sementara menurut Astrid, gangguan ginjal akut bukan hal yang baru di bidang penyakit ginjal anak. Akan tetapi yang bersifat atipikal (tidak diketahui penyebabnya) trennya meningkat sejak Agustus 2022.

Tren yang terjadi dua hingga tiga bulan terakhir, dari kasus yang sering ditangani, 24 persen penyebabnya masih atipikal (misterius).

Jika dikaitkan dengan konsumsi obat-obatan atau makanan tidak sehat, hal ini juga sering disampaikan. Namun kasus ini tidak biasa, penyebabnya belum diketahui.

Baca juga: Obat Sirup Faktor Gagal Ginjal Akut Anak-anak, Ini Kata Dokter RS UMM

"Kalau biasanya ada kelainan di ginjal, kelainan dehidrasi, atau kanker, tapi ini semua sudah disingkirkan. Investigasi sudah dilakukan untuk mencari penyebabnya. Masyarakat tidak usah panik, namun tetap waspada," harapnya.

Ginjal suka dengan air putih

Tentunya, kesehatan anak juga menjadi tugas penting dari orantua. Ginjal adalah organ yang sangat suka dengan air, sehingga wajib minum air putih yang cukup sesuai usia dan berat badan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.