Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Negeri Yogyakarta Resmi Berstatus PTN-BH

Kompas.com - 27/10/2022, 08:53 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menetapkan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Keputusan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta.

Perubahan status dari PTN-BLU ke PTN-BH membuat UNY makin memiliki otoritas dan kemandirian manajerial di bidang aset, keuangan, serta sumber daya manusia.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Margana, mengatakan bahwa dokumen pengusulan PTN-BH telah melalui perjalanan panjang.

Baca juga: 8 Jurusan Kedokteran Terbaik Indonesia 2023, Cek Biaya Kuliahnya

Pada tahun 2019 UNY sudah melayangkan pengajuan status kepada kementerian. Kedatangan pandemi sempat menjeda selama beberapa bulan. UNY segera tanggap berikut mengatur strategi sesuai keadaan kenormalan baru.

Stretegi itu menyesuaikan pula dengan restrukturisasi birokrasi kementerian. Sebelumnya dokumen dialamatkan kepada Dikti di bawah Kemenristekdikti kini bergeser menjadi Kemendikbudristek.

Pada 14 September 2021 UNY mengusulkan kembali ke Jakarta dan awal tahun 2022 dokumen pengusulan sampai di meja Sekretariat Negara.

"Tidak sampai setahun, naskah final dan pakta integritas diteken Presiden Jokowi," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022).

51 prodi terakreditasi internasional

Pemerintah berharap, capaian ini dapat membuat UNY terus melejit sebagai universitas kependidikan kelas dunia yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan.

Selama lima tahun mendatang, UNY berfokus pada transformasi kelembagaan dan keilmuan hingga tahun 2025.

Baca juga: 5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

Pada fase ini UNY memprioritaskan pemantapan inovasi, penelitian, dan implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka melalui Indikator Kinerja Utama (IKU) maupun matching fund.

Tahun 2025-2030 UNY menghela rekognisi dosen, program kerja sama penelitian, PPM, pembelajaran berbasis penelitian, dan perluasan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan riset serta pengabdian kepada masyarakat.

Tahun 2031-2035, UNY membidik Edupreneurial University. Program prioritas ini terus berkembang hingga tahun 2045 ketika Indonesia mencapai usia emas.

Kini, UNY memiliki 132 program studi yang terdiri atas diploma sebanyak 11, sarjana terapan 14, program sarjana 60, program magister 33, program doktor 12, program pendidikan profesi 2 (PPG dan PS-PPI).

Jumlah program studi terakreditasi nasional sebanyak 133 dan internasional 51.

Baca juga: Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023, Siap-siap

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Edi Purwanta mengatakan, pola pikir dinamis (growth mindset) merupakan bekal utama UNY selama menyambut tantangan ke depan.

UNY menyadari kecakapan 4C (creativity, collaboration, communication, dan critical thinking) adalah modal untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com