Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah-Kerja Fest 2022 Ajak Gen Z Rancang Masa Depan Bangsa

Kompas.com - 28/10/2022, 17:37 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Melibatkan Generasi Z dalam penyusunan rencana pembangunan nasional sudah sepatutnya dilakukan, karena merekalah yang akan berperan di masa depan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk 2020 menunjukkan, gen Z yang lahir pada tahun 1997-2012 adalah kelompok terbesar dalam struktur populasi Indonesia. Jumlahnya mencapai 75,49 juta orang atau 27,94 persen.

Melalui Kuliah-Kerja Fest 2022, Tanoto Foundation memfasilitasi dan melibatkan Gen Z dalam perancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) khususnya di bidang Pendidikan Tinggi di program Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan (TELADAN).

Baca juga: Intip Pembelajaran Aktif di Jambi, Siswa: Senang Belajar karena Asyik

Bersama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi-Kementerian PNN/Bappenas serta Tim Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kuliah-Kerja Fest 2022 mengundang perwakilan pelajar dan mahasiswa yang merupakan Gen Z dan Gen Alpha.

Termasuk mengundang pimpinan dunia usaha dunia industri (DUDI), serta perwakilan perguruan tinggi untuk berdiskusi bersama dan memberikan sumbangan pemikiran serta mimpi-mimpi untuk Pendidikan Tinggi Indonesia di Masa Depan.

Mengangkat tema "Mimpi Pendidikan Tinggi Indonesia 2025-2045", rangkaian Kuliah-Kerja Fest 2022 dimulai dengan survei online yang melibatkan sekitar 2.000 pelajar dan mahasiswa Gen Z dan Gen Alpha, dilanjutkan dengan kompetisi menulis, dan kompetisi video pendek.

Survei dan kompetisi ini diadakan untuk memberikan kesempatan pelajar dan mahasiswa berbagi pemikiran dan ide-ide untuk pendidikan tinggi di masa depan.

Lalu, puncak acara Kuliah-Kerja Fest 2022 adalah diskusi yang dilakukan secara hybrid di Kementerian PPN/Bappenas pada Kamis (27/10/2022) yang terbagi dalam 2 sesi.

Baca juga: Ajarkan Siswa Literasi Numerasi lewat Bertani, Ini Cerita Guru di Kediri

Sesi pertama terbatas digelar untuk menilik dari sisi harapan jangka panjang generasi muda (Gen Z dan Gen Alpha) tentang pendidikan tinggi dalam aspek akses, relevansi, daya saing, dan tata kelola perguruan tinggi.

Di sesi berikutnya perwakilan dunia usaha dunia industri yang hadir untuk menanggapi hasil diskusi perwakilan pelajar dan mahasiswa, serta saling berbagi pemikiran dan memberikan rekomendasi tentang masa depan pendidikan tinggi Indonesia dari perspektif dunia usaha dunia industri.

Hasil diskusi Kuliah-Kerja Fest 2022 akan diserahkan oleh masing-masing perwakilan pelajar dan mahasiswa serta mitra dunia usaha dunia industri kepada tim Bappenas sebagai masukan.

“Dalam momentum rangkaian kegiatan background study Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) bidang Pendidikan Tinggi 2025-2045, dan bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, kami bersyukur dapat bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi dan IPTEK Bappenas untuk membawa suara anak muda dan mitra-mitra industri yang juga termasuk dalam ekosistem pendidikan tinggi Indonesia”, ungkap Aryanti Savitri, Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation.

Baca juga: Jarang Disorot, Ini Tokoh-tokoh Perempuan di Balik Sumpah Pemuda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com