Kompas.com - 30/10/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa literasi dasar yang harus dikuasai para siswa. Dua di antaranya adalah literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi.

Penguatan literasi ini penting dilakukan khususnya para siswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Meski tes akademik ditiadakan dalam SNPMB 2023 ditiadakan, siswa akan menjalani tes skolastik yang mengukur kemampuan penalaran umum (kognitif) siswa.

Kemampuan kognitif mencakup kemampuan berpikir, belajar, bahasa, dan kritis. Soal-soal tes skolastik, juga berfokus pada logika siswa dan cara siswa menganalisis suatu problem yang kontekstual.

Baca juga: Lulus IPK 4.00, Ibnu Diangkat Jadi Kepala Sekolah di Usia 23 Tahun

Literasi membaca dan matematika untuk ikuti tes skolastik

Tes skolastik menitikberatkan penalaran melalui 4 sub materi khusus. Empat sub materi khusus yakni kemampuan potensi kognitif, logika penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris.

Lantas bagaimana cara menumbuhkan literasi bahasa dan literasi matematika khususnya bagi para siswa?

Melansir dari akun Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (30/10/2022) ada sejumlah cara menumbuhkan literasi membaca dan literasi matematika yang bisa diterapkan siswa.

Baca juga: Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN 2023, Pengganti Tes Mata Pelajaran

Baca juga: Rektor UGM Mewisuda Putrinya yang Lulus dengan IPK 4.00

Cara menumbuhkan literasi membaca dan literasi matematika

Banyak hal yang dapat menumbuhkan literasi membaca bagi siswa. Di antaranya dengan membaca buku, berdiskusi dan juga rajin menulis. Berikut adalah beberapa cara dalam menumbuhkan literasi membaca:

1. Memulai dari bacaan yang disukai

2. Temuka gaya membaca

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.