Kompas.com - 30/10/2022, 19:49 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini, kasus Covid-19 di Indonesia terjadi peningkatan. Karena itu, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

Terlebih jika merasa sakit seperti batuk dan pilek, maka harus tetap menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Bagi yang sakit batuk, ada beberapa cara meredakan batuk. Salah satunya dengan mengonsumsi atau banyak minum air putih.

Melansir laman Institut Geo Nusantara Bogor, ada beberapa cara meredakan batuk yang bisa dicoba oleh siswa, mahasiswa atau masyarakat umum.

Baca juga: Obat Batuk Berdahak Alami, Info Unnes

Cara meredakan batuk

1. Minum air putih

Tentunya, salah satu cara efektif dan gampang dilaksanakan dalam menyembuhkan batuk berdahak adalah dengan banyak minum air putih. Ini akan bertambah efektif jika Anda menggunakan air hangat.

2. Berendam air hangat

Untuk cara meredakan batuk berikutnya ialah dengan berendam air hangat. Cara ini memiliki khasiat yang sama dengan minum-minuman hangat untuk menghilangkan batuk.

Uap yang dihasilkan dari air hangat yang Anda hirup, bisa membantu melonggarkan sekresi yang menghasilkan lendir di hidung hingga ke tenggorokan sehingga batuk lebih berkurang.

Mandi air hangat bisa dibentuk sebagai cara mengatasi batuk yang tidak hanya dikarenakan oleh pilek, tapi juga alergi.

3. Mengonsumsi obat batuk alami

Ada beberapa bahan atau obat batuk alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan batuk, yakni dengan teh madu dan irisan lemon. Bahan ini juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan.

Baca juga: 5 Obat Batuk Alami, Info UMA

Dalam jumlah penelitian, salah satunya dari jurnal Family Physicians of Canada, madu diketahui efektif menyembuhkan batuk pada anak-anak jika dikonsumsi secara rutin selama batuk berlanjut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.