Kompas.com - 31/10/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Mencegah klitih yang selalu terjadi di Yogyakarta, bisa dicegah melalui self management bagi siswa SD hingga SMP.

Sebenarnya, klitih sendiri secara harfiah merupakan kegiatan di luar rumah untuk melakukan hal yang positif guna mengisi waktu luang.

Namun, makna ini bergeser menjadi lebih negatif dikarenakan banyaknya kasus kekerasan jalanan yang pelakunya merupakan remaja.

Hal ini menjadi perhatian 10 mahasiswa Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Mereka membuat edukasi terkait self management bagi anak usia SD hingga SMP sebagai bekal memasuki masa remaja.

Baca juga: Bagaimana Guru Abad 19 Mengajar Murid Abad 21?

Self management atau Program Manajemen Emosi dan Kontrol Diri ini merupakan program bagi siswa untuk mengenali dan mengatur emosi diri sendiri melalui beberapa cara.

Para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Fatih Zaidan Althov, Raissa Azzura Faatin, Sani Rahma Azzahra, Trisnawati, Palupi Adestiyani, Syiva Windiana Ramadani, Maudina Novera Ramadhani, Aisyah Sekarwangi Patria, Muhammad Rafi Adnan dan Husna Putri Irianti.

Menurut Fatih Zaidan Althof, pemberian Program Manajemen Emosi dan Kontrol Diri pada siswa SD dan SMP diharapkan bisa melindungi mereka dari pengaruh negatif lingkungan.

“Solusi permasalahan ini akan disesuaikan dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga mereka akan lebih siap menghadapi tantangan tahapan selanjutnya di usia remaja” katanya, dari rilis yang diterima.

Program ini terdiri dari rancangan kegiatan positif, seru, dapat dilakukan oleh siswa SD dan SMP.

Terutama bagi siswa SMP, program ini akan sangat cocok karena anak usia SMP memiliki kecenderungan dalam membentuk kelompok pertemanan dan bisa terpengaruh oleh kelompoknya.

Baca juga: Ciri-ciri Pelaku dan Korban Bullying, Berikut Upaya Pencegahannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.