Kompas.com - 07/11/2022, 13:35 WIB

KOMPAS.com - Lingkungan menjadi penunjang tumbuh kembang seorang anak. Salah satunya pertumbuhan kemampuan berbahasa atau berkomunikasi.

Sedari dini, orangtua perlu mengasah kemampuan komunikasi dua arah baik secara verbal maupun visual. Salah satunya melalui membaca buku.

Buku dinilai bermanfaat memberikan wawasan baru di luar dari lingkungan sekitarnya. Atas dasar itu, membangkitkan kecintaan anak dalam membaca buku menjadi perlu.

Kebiasaan membaca buku juga dapat membantu anak meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Pasalnya, penguasaan bahasa Inggris kini menjadi hal yang penting bagi anak-anak untuk mempersiapkan masa depan mereka.

Baca juga: Ingin Lebih Lancar Bahasa Inggris? TBI: Bisa dengan Menonton Film

Marketing Communication and PR Manager The British Institute (TBI), Diah Pratiwi Soehendro mengatakan bahwa orangtua harus memastikan bahwa belajar bahasa Inggris tidak hanya bersifat edukatif tetapi juga menyenangkan.

“Mengingat generasi digital saat ini mudah bosan. Kita sebagai orang tua sudah perlu membiasakan diri untuk aktif menggunakan bahasa Inggris agar anak familiar dengan beragam frasa bahasa Inggris,” ucap Diah melalui keterangan resminya.

Hal yang perlu diperhatikan, kata dia, jangan sampai sesi belajar ini terlihat memaksa dan membuat anak merasa terpaksa.

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan waktu untuk menyerap bahasa Inggris yang mungkin belum terbiasa digunakan sehari-hari.

Melalui paparan guru TBI Dago, Tati Haryanti setiap orang memang bisa memiliki alasannya masing-masing perihal mengapa ia membaca. Beralasan supaya tidak bosan, membuang waktu, dan lain sebagainya.

Menurut Tati, ketika membaca, imajinasi seseorang dapat bekerja. Juga mengembangkan bahasa dan emosi hingga memperkuat suatu hubungan, terutama orang tua dengan anak-anak.

Baca juga: Ingin Anak Bisa Bahasa Inggris sejak Dini, Orangtua Coba Lakukan Ini

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.