Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Memilih Obat untuk Anak-anak? Ini Kata Pakar Unair

Kompas.com - 08/11/2022, 11:01 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini kasus gagal ginjal akut masih ditemukan. Untuk itu para orangtua harus memilih obat yang aman bagi anak.

Nah, bagaimana cara memilih obat yang aman bagi anak-anak?

Untuk memilih obat sirup bagi anak-anak, Pakar Farmasi Universitas Airlangga (Unair), Prof. Junaidi Khotib memberikan beberapa tips aman dalam memilih obat pada anak di tengah kasus gagal ginjal akut. 

Baca juga: Obat Sirup Faktor Gagal Ginjal Akut Anak-anak, Ini Kata Dokter RS UMM

Prof. Junaidi menyebut, setidaknya terdapat tiga hal yang harus diperhatikan orangtua saat memilih obat yang aman untuk anak.

1. Ikuti informasi resmi pemerintah

Memilih obat yang aman bisa dilakukan dengan cara mengikuti imbauan pemerintah.

Meski imbauan bisa berubah tergantung pada kasus dan observasi, tapi orangtua perlu terus memperhatikan instruksi pemerintah.

Khususnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Masyarakat harus mengikuti informasi dan sumber resmi pemerintah, karena yang tahu dan berwenang dalam menentukan hold, penundaan, atau penarikan obat mengandung etilen glikol dan dietilen glikol kan dari pemerintah. Terlebih lagi sekarang sudah ada listing atau daftar obat-obat yang ditarik, sehingga masyarakat bisa mengacu ke sana, Insya Allah aman," ujarnya, dilansir dari laman Unair. 

Baca juga: Guru Besar UGM: Selain Obat, ada 3 Faktor Penyebab Gagal Ginjal Akut

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak serta merta menelan mentah-mentah informasi terkait obat-obatan di media sosial (medsos). Pasalnya, medsos kerap kali menjadi sumber informasi yang tidak benar (hoaks).

"Masalahnya, masyarakat sering ambil informasi di media sosial yang mana semua orang bisa memasukkan dan menyebarkan info di sana, sehingga masyarakat harus lebih bijak dalam memperoleh informasi dan sumber terkait obat-obatan itu tadi," tambah dia.

2. Cari alternatif obat

Pilihan obat bagi anak-anak, selain bentuk sirup terdapat bentuk sediaan obat lain yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Salah satunya adalah puyer.

Prof. Junaidi mengatakan, mengganti bentuk obat menjadi salah satu opsi aman dalam memilih obat untuk anak.

"Kedua, tentu tidak satu-satunya sirup itu bentuk sediaan yang bisa diberikan pada anak. Ada bentuk sediaan lain, misalnya puyer, itu juga bisa digunakan," kata dia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com