Kompas.com - 08/11/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Saat ini kasus gagal ginjal akut masih ditemukan. Untuk itu para orangtua harus memilih obat yang aman bagi anak.

Nah, bagaimana cara memilih obat yang aman bagi anak-anak?

Untuk memilih obat sirup bagi anak-anak, Pakar Farmasi Universitas Airlangga (Unair), Prof. Junaidi Khotib memberikan beberapa tips aman dalam memilih obat pada anak di tengah kasus gagal ginjal akut. 

Baca juga: Obat Sirup Faktor Gagal Ginjal Akut Anak-anak, Ini Kata Dokter RS UMM

Prof. Junaidi menyebut, setidaknya terdapat tiga hal yang harus diperhatikan orangtua saat memilih obat yang aman untuk anak.

1. Ikuti informasi resmi pemerintah

Memilih obat yang aman bisa dilakukan dengan cara mengikuti imbauan pemerintah.

Meski imbauan bisa berubah tergantung pada kasus dan observasi, tapi orangtua perlu terus memperhatikan instruksi pemerintah.

Khususnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Masyarakat harus mengikuti informasi dan sumber resmi pemerintah, karena yang tahu dan berwenang dalam menentukan hold, penundaan, atau penarikan obat mengandung etilen glikol dan dietilen glikol kan dari pemerintah. Terlebih lagi sekarang sudah ada listing atau daftar obat-obat yang ditarik, sehingga masyarakat bisa mengacu ke sana, Insya Allah aman," ujarnya, dilansir dari laman Unair. 

Baca juga: Guru Besar UGM: Selain Obat, ada 3 Faktor Penyebab Gagal Ginjal Akut

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak serta merta menelan mentah-mentah informasi terkait obat-obatan di media sosial (medsos). Pasalnya, medsos kerap kali menjadi sumber informasi yang tidak benar (hoaks).

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.