Kompas.com - 08/11/2022, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Perubahan suhu dan kondisi lingkungan saat musim hujan, membuat mikroba lebih mudah berkembang biak dan semakin mudah masuk ke tubuh manusia.

Terutama bila imunitas tubuh menurun, membuat bakteri dan virus berkembang hingga menyebabkan penyakit.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Ira Purnamasari menjelaskan beberapa penyakit cenderung mudah menular dan menyebar pada musim hujan, di antaranya leptospirosis, tipes atau demam tifoid hingga Dengue Haemoragic Fever (DBD).

Baca juga: Gejala DBD pada Anak dan Bedanya dengan Flu, Ini Penjelasan Pakar

1. Leptospirosis yang ditularkan oleh tikus

Kasus Leptospirosis meningkat di beberapa daerah, salah satunya kasus yang terjadi di Jawa Tengah, 374 kasus Leptospirosis terdeteksi dan 54 dinyatakan meninggal.

“Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira dengan reservoir utama yakni tikus. Urine dari tikus yang terinfeksi leptospira merupakan sumber yang paling pathogen,” ungkap Ira dilansir dari laman UM Surabaya.

Ia menjelaskan perantara utama penularan penyakit ini melalui air dan tanah yang sudah tercemar urine tikus, masuk melalui luka yang ada di kulit.

Kebanyakan kasus ini terjadi pada musim hujan dikarenakan leptospira bisa bertahan dalam air selama beberapa bulan.

Ia pun menjelaskan sejumlah gejala leptospira yang perlu diwaspadai.

“Masuknya bakteri ke dalam tubuh menyebabkan suhu tubuh naik secara mendadak disertai menggigil, nyeri kepala, nyeri otot, mual muntah, pada fase lanjutan muncul gejala batuk, nyeri dada, hingga batuk darah dan penurunan kesadaran,” jelasnya lagi.

Baca juga: Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah ala Ahli Tikus IPB

2. Tifus

Selain itu ia juga menambahkan penyakit lain yang harus diwaspadai adalah tifus atau demam tifoid atau penyakit infeksi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.