Kompas.com - 09/11/2022, 18:48 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Siswa SMA/SMK sederajat melanjutkan pendidikan di program sarjana dengan harapan setelah lulus bisa segera mendapatkan pekerjaan.

Namun faktanya, banyak lulusan sarjana yang justru menganggur setelah menyelesaikan studinya.

Kenapa lulusan sarjana banyak menganggur? Melansir dari salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, Rabu (9/11/2022) mengungkapkan alasan kenapa banyak lulusan sarjana justru menganggur.

Simak informasinya hingga tuntas.

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Polri, Terbuka bagi Lulusan Sarjana dan SMA

Alasan lulusan sarjana banyak menganggur

1. Kurang pengalaman

Alasan pertama lulusan sarjana banyak yang menganggur karena kurangnya pengalaman. Pengalaman ini bukan hanya pengalaman kerja saja. Tetapi juga pengalaman saat mengikuti program magang atau mengikuti organisasi.

Pengalaman seperti itu juga menjadi nilai plus di mata perusahaan saat mencari karyawan. Saat ini banyak perusahaan yang menyediakan program magang bagi mahasiswa. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menambah pengalaman yang dicantumkan di Curriculum Vitae (CV).

2. Jumlah pencari kerja lebih banyak

Alasan yang kedua sarjana banyak yang menganggur karena jumlah lowongan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan pencari kerja. Khususnya lulusan dari program sarjana.

Kondisi ini membuat mendapatkan pekerjaan bagi sarjana jadi semakin sulit. Kondisi ini menjadi tantangan bagi para sarjana untuk jeli mencari lowongan kerja yang sesuai dengan kompetensi dan keahliannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.