Kompas.com - 11/11/2022, 08:57 WIB
|

KOMPAS.com - Lahan sempit di pekarangan rumah bisa dimanfaatkan untuk lahan pertanian. Tentu harus menggunakan sistem pertanian permakultur.

Terkait sistem tersebut, tim dosen Prodi Teknik Biosistem, Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan melatih warga Desa Balerejo, Lampung Timur.

Kegiatan itu mengusung topik penerapan sistem permaculture sebagai upaya pemanfaatan lahan sempit untuk peningkatan ekonomi keluarga.

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan P4S Tani’s Market Balerejo.

Baca juga: Dosen Kimia Itera dan Dosen Kampus Lain Latih Pemuda Olah Limbah

Tim dosen Itera itu terdiri dari Raizummi Fil’aini, S.T.P., M.Si., Zunanik Mufidah, S.TP., M.Si., Ni Wayan Arya Utari, S.TP., M.Sc., Harmiansyah, S.T., M.T, Setyadi Gumaran, S.T.P., M.Si., dan Muh. Kusmali, S.T.P.,M.Si.

Kegiatan tersebut juga melibatkan tim P4S Tani’s Market Balerejo yang juga dihadiri oleh Bayu Wicaksana, S.T., M.TP selaku ketua P4S Tani’s Market Balerejo.

Selain itu, Kepala Desa Balerejo dan mahasiswa Prodi Teknik Biosistem juga turut serta meramaikan kegiatan tersebut.

Menurut ketua tim Raizummi Fil’aini, S.T.P., M.Si., sistem permakultur sendiri merupakan rancangan pertanian dari ekosistem agrikultur yang produktif dan memiliki keberagaman, stabilitas, dan ketahanan layaknya ekosistem alam.

Konsep utamanya adalah untuk merancang, membangun, mengelola, dan meningkatkan upaya untuk menciptakan lanskap yang mampu mensimulasi lingkungan alam.

Baca juga: Dosen Itera Ajari Warga Olah Limbah Rumah Tangga Jadi Sabun

Terutama dalam hal bagaimana alam membentuk siklus yang melingkar dan tertutup, sehingga tidak ada sampah yang dihasilkan, sembari menghasilkan sesuatu yang berguna untuk manusia.

Halaman:
Sumber Itera


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.