Kompas.com - 11/11/2022, 11:27 WIB
|

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 SMA/SMK/sederajat yang nanti ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, maka mulai sekarang harus siap-siap dalam menentukan jurusan kuliah.

Secara khusus yang berminat masuk ke pendidikan vokasi, maka harus tahu jurusan kuliah apa saja yang paling banyak diminati.

Meski demikian, memilih jurusan kuliah tidak bisa sembarangan. Sebab harus dipertimbangkan untuk prospek kerja ke depannya.

Tentunya, ilmu yang diajarkan di sekolah vokasi cenderung fokus dan lebih mengedepankan praktik dengan topik yang lebih spesifik. Sebagai contoh, Seni Kuliner Perancis, Multimedia, Character Design dan masih banyak lagi.

Baca juga: Yuk Mengenal Lebih Dekat Sekolah Vokasi UGM

Selain itu, pendidikan vokasi juga cenderung lebih singkat dibandingkan pendidikan sarjana, yakni sekitar 1 hingga 3 tahun saja, tergantung program yang dipilih. Atau 4 tahun untuk D4.

Melansir laman Universitas STEKOM, Jumat (16/9/2022) berikut ini 4 jurusan paling diminati di sekolah vokasi.

Jurusan paling diminati di sekolah vokasi

1. Ilmu Komputer

Prodi vokasi yang kariernya menjanjikan ialah Jurusan Ilmu Komputer. Di prodi ini, kamu akan belajar seputar rekayasa perangkat keras komputasi, jaringan komputer, dan juga pemeliharaannya.

Mengingat saat ini bidang teknologi tengah banyak diminati, prospek kerja lulusan jurusan ini juga semakin menjanjikan.

Salah satu peluang karier yang bisa didapat adalah junior frontend developer dengan kisaran gaji sebesar USD 500-USD 1.700 atau setara dengan Rp 7.174.750 hingga Rp 24.394.150.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

2. Sistem Informasi

Untuk Jurusan Sistem Informasi sendiri mempelajari seputar basis data dan pemrograman dalam perangkat lunak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.