Kompas.com - 13/11/2022, 13:37 WIB
|

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini, kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Karena itu, menjaga kesehatan sangat penting di masa pandemi.

Hal yang paling mendasar dan bisa dilakukan ialah dalam hal konsumsi gula, garam dan lemak setiap hari.

Dengan memperhatikan asupan gula, garam, dan lemak yang terkandung dalam makanan kita sehari-hari bisa membuat hidup lebih sehat.

Jika tidak bisa mengontrol maka kesehatan menjadi terganggu. Apalagi jika menerapkan pola makan dan gaya hidup tidak sehat.

Baca juga: Tim UNS Inovasi Alat Serut Bambu untuk Produksi Sangkar Burung

Seperti mengonsumsi makanan cepat saji, termasuk minuman yang mengandung tinggi gula. Makanan maupun minuman yang tinggi gula dan garam dapat mendatangkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Maka dari itu, kebutuhan gula dan garam termasuk lemak harus dijaga. Tujuannya agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Menurut ahli gizi Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Banun Ma’rifah Fatshidi, S.Gz., perilaku makan tidak sehat tersebut tidaklah baik.

"Risiko kalau gulanya berlebihan akan meningkatkan diabetes melitus atau banyak orang lebih umum menyebut penyakit gula," ujarnya dikutip dari laman UNS.

Sedangkan jika asupan garam tidak terkendali, bahkan sampai berlebihan juga dapat mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Baca juga: Manfaat Rendam Air Garam, Info Stikes Panti Kosala

Kebutuhan gula dan garam serta lemak

Anjuran konsumsi gula, garam dan lemak per hari. Sesuai dengan Permenkes Nomor 30 Tahun 2013 tentang pencantuman informasi kandungan gula, garam dan lemak serta pesan kesehatan pada pangan olahan dan pangan siap saji.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.