Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Gizi RS UNS: Segini Kebutuhan Gula dan Garam Setiap Hari

Kompas.com - 13/11/2022, 13:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini, kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Karena itu, menjaga kesehatan sangat penting di masa pandemi.

Hal yang paling mendasar dan bisa dilakukan ialah dalam hal konsumsi gula, garam dan lemak setiap hari.

Dengan memperhatikan asupan gula, garam, dan lemak yang terkandung dalam makanan kita sehari-hari bisa membuat hidup lebih sehat.

Jika tidak bisa mengontrol maka kesehatan menjadi terganggu. Apalagi jika menerapkan pola makan dan gaya hidup tidak sehat.

Baca juga: Tim UNS Inovasi Alat Serut Bambu untuk Produksi Sangkar Burung

Seperti mengonsumsi makanan cepat saji, termasuk minuman yang mengandung tinggi gula. Makanan maupun minuman yang tinggi gula dan garam dapat mendatangkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Maka dari itu, kebutuhan gula dan garam termasuk lemak harus dijaga. Tujuannya agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Menurut ahli gizi Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Banun Ma’rifah Fatshidi, S.Gz., perilaku makan tidak sehat tersebut tidaklah baik.

"Risiko kalau gulanya berlebihan akan meningkatkan diabetes melitus atau banyak orang lebih umum menyebut penyakit gula," ujarnya dikutip dari laman UNS.

Sedangkan jika asupan garam tidak terkendali, bahkan sampai berlebihan juga dapat mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Baca juga: Manfaat Rendam Air Garam, Info Stikes Panti Kosala

Kebutuhan gula dan garam serta lemak

Anjuran konsumsi gula, garam dan lemak per hari. Sesuai dengan Permenkes Nomor 30 Tahun 2013 tentang pencantuman informasi kandungan gula, garam dan lemak serta pesan kesehatan pada pangan olahan dan pangan siap saji.

1. G4

Anjuran konsumsi gula/orang/hari adalah 10 persen dari total energi (200 kkal) atau setara dengan gula 4 sendok makan/orang/hari (50 gram/orang/hari).

2. G1

Anjuran konsumsi garam/orang/hari adalah 2.000 mg natrium atau setara dengan garam 1 sendok teh/orang/hari (5 gram/orang/hari).

3. L5

Anjuran konsumsi lemak/orang/hari adalah 20-25 persen dari total energi (702 kkal) atau setara dengan lemak 5 sendok makan/orang/hari (67 gram/orang/hari).

Baca juga: Tim SV UNS Inovasi Minuman Kaya Manfaat dari Daun Miana

"Kalau pagi sudah teh manis ya harus di-tracking agar siang atau sore tidak minum yang manis-manis," imbuh Banun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com