Kompas.com - 15/11/2022, 16:52 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu kendaraan atau mobil listrik dari Tim Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) ikut meramaikan perhelatan KTT G20 Bali.

Tim ini sengaja ikut berpartisipasi karena diminta oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Melalui Ditjen Perhubungan Darat, Tim Arjuna UGM mendapat booth pameran di arena G-20 Bali untuk menunjukkan karya anak bangsa di bidang elektrifikasi.

Menurut Gusti Ngurah Bagus Suputra Wijaya, mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM yang juga Ketua Tim Arjuna Electric Vehicle UGM merasa senang dan bangga.

Baca juga: Bus Listrik Merah Putih di KTT G20 Bali Hasil Kolaborasi 4 Kampus

Ia juga mengaku berterima kasih Tim Arjuna UGM diberikan kesempatan berpameran sekaligus menjelaskan terkait riset terkini dari Tim Arjuna UGM di bidang kendaraan bermotor listrik.

"Kalau kejuaraan kita sudah langganan juara di tingkat nasional dan internasional. Pameran ini kesempatan mendekatkan produk kami ke publik dan salah satu prioritas KTT G20 Bali kali ini adalah sustainable Energy Transition atau transisi energi berkelanjutan," ujar Gusti Ngurah Bagus dikutip dari laman UGM, Selasa (15/11/2022).

Edukasi masyarakat terkait kendaraan ramah lingkungan

Dijelaskan, Kemenhub mengundang Tim Arjuna UGM di ajang KTT G20 Bali untuk pelaksanaan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat serta tamu undangan terkait kendaraan ramah lingkungan.

Selain itu juga untuk menunjukkan keikutsertaan bangsa Indonesia dalam riset kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Baca juga: 30 Bus Listrik Kolaborasi Kampus dan Industri Dukung Operasional KTT G20 di Bali

Karenanya dalam pameran ini ia menjelaskan secara detail kepada para pengunjung soal pembuatan Power Distribution Panel (PDB) sendiri, Pembuatan Battery Management System (BMS) sendiri dan menunjukkan mobil Formula SAE Electric Arjuna AF-03.

Tentunya, hal itu guna mendukung keberlangsungan Transisi Energi Berkelanjutan dan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

Ia berharap, Tim Arjuna UGM dapat berkontribusi dengan baik dan signifikan terhadap pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia serta membanggakan bangsa dan almamater.

Halaman:
Sumber UGM


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.