Kompas.com - 16/11/2022, 14:58 WIB

KOMPAS.com - Sudahkah kamu tahu arti warna seragam sekolah jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK di Indonesia yang telah digunakan sejak lama? Pasalnya, warna seragam tidak hanya sekadar untuk membedakan jenjang pendidikan.

Warna seragam sekolah merah putih untuk siswa SD, putih biru untuk siswa SMP dan putih abu-abu untuk siswa SMA-SMK ternyata memiliki arti atau makna yang mendalam.

Warna seragam siswa SD, SMP dan SMA di Indonesia pertama kali dicetuskan oleh Idik Sulaeman kala ia menjabat sebagai Direktur Pembinaan Kesiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah periode 1979-1983.

Baca juga: 6 Warna Jas Almamater Kampus di Indonesia dan Maknanya

Dilansir dari laman Dinas Pendidikan DKI Jakarta (Disdik DKI), setiap warna memiliki arti yang dapat mewakili karakter para siswa di setiap jenjang pendidikan.

Makna Merah-Putih seragam SD

Warna merah dan putih di seragam SD memiliki arti ceria dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.

Makna dari warna merah putih pada pasangan seragam SD melambangkan energi dan keberanian bagi siswa untuk belajar.

Makna Biru-Putih seragam SMP

Warna biru tua pada seragam SMP dipilih karena mencerminkan rasa percaya diri dan karakter mandiri.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar SD-SMA 2022

Para pelajar SMP yang mulai memasuki masa remaja diharapkan mampu membangun rasa percaya diri sekaligus mulai belajar mandiri.

 

Melalui makna ini, diharapkan para siswa dan siswi dapat menjadi pribadi yang mengharumkan nama bangsa di dalam maupun luar negeri.

Makna Putih-Abu seragam SMA-SMK

Bagi pelajar yang duduk di bangku SMA, sudah dipastikan menggunakan seragam dengan atasan putih dan bawahan abu-abu dengan makna yang sungguh berarti, yakni melambangkan kedewasaan dan ketenangan.

Pasalnya, di usia remaja menuju dewasa, biasanya siswa SMA mulai mencari dan mengenal jati diri mereka.

Baca juga: Aturan Baru Pencairan Dana Program Indonesia Pintar SD-SMA 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.