Kompas.com - 18/11/2022, 10:49 WIB

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi saat ini membuat lulusan jurusan atau program studi (prodi) bidang teknologi informasi (TI) semakin dicari oleh banyak perusahaan.

Ada banyak jurusan kuliah yang mempelajari serba-serbi bidang teknologi informasi, seperti Teknik Informatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Sistem Informasi, dan masih banyak lainnya.

Meski sama-sama mempelajari bidang teknologi informasi, tetapi ada perbedaan dari antara beberapa jurusan bidang teknologi informasi tersebut. Misalnya jurusan Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Teknik Informatika, dan Sistem Informatika.

Baca juga: 6 Jurusan Ilmu Komputer Terbaik Indonesia 2023 dan Biaya Kuliahnya

Lantas apa saja perbedaan keempat jurusan kuliah tersebut?

Melansir dari akun instagram Zenius Education, ke empat jurusan tersebut memiliki fokus pembelajaran yang berbeda-beda. Bagi mahasiswa yang tertarik mempelajari bidang teknologi informasi, perlu mengetahui informasi ini agar tidak salah dalam memilih jurusan kuliah. Berikut penjelasannya.

1. Jurusan Ilmu Komputer (Ilkom)

Jurusan ini mempersiapkan mahasiswanya untuk memiliki keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah program/aplikasi software.

Selama perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari berbagai bahasa pemrograman, mulai dari C**, java, phyton, HTML, CSS, avascript, PHP, perl, my SQL, ruby, dan lain-lain.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

2. Jurusan Teknik Informatika (TI)

Pada dasarnya, lulusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika akan menggeluti bidang yang sama seperti infrastruktur dan arsitektur TI, pengembangan software, pengolahan informasi dan grafis, serta artificial intelligence.

Beberapa hal yang dipelajari yakni algoritma, pemrograman, software Engineering, jaringan komputer, matematika diskret, teori bahasa dan automata, dan lain-lain.

Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika kurang lebih mempelajari hal di atas, bedanya terletak pada penamaan, misalnya di Universitas Indonesia (UI) menggunakan istilah belajar dan berkiblat ke United States (US), disana istilah yang dipakai yakni computer science (ilmu komputer).

Halaman:
Sumber Zenius


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.