Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

166 Taruna dan Taruni Poltekpel Sumber Ikut Pelatihan Leadership

Kompas.com - 13/12/2022, 12:56 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 166 taruna atau taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) mengikuti kegiatan pelatihan leadership di Parak Angah Camping Ground Nagari Sariak Sungaipua Bukittinggi Sumatera Barat, pada Sabtu (10/12/2022).

Peserta kegiatan terdiri dari 131 orang taruna angkatan VI dan 35 orang angkatan IV.

Baca juga: Kiat Erina Gudono Kuliah di Kampus Top Dunia: Belajar 30 Jam

Direktur Poltekpel Sumbar, Capt. Wisnu Risianto membuka kegiatan secara langsung.

Pembukaan kegiatan turut disambut hangat oleh tokoh masyarakat Nagaria Sariak Sungaipua, E.H. Datuak Rangkayo Basa, E. Datuak Bandaro Gadang, E. Datuak Malintang Basa, Wali Nagari Sariak, Kerapatan Adat Nagari Sariak, dan Pengurus Badan Musyawarah Nagari serta Pemuda Parik Pagar Nagari.

Kegiatan pembukaan diawali dengan penyambutan gandang tasa yang dibawakan oleh para Pemuda Nagari Sariak lalu kemudian dilanjutkan dengan upacara seremonial.

Kegiatan pelatihan leadership turut didamping oleh para instruktur dari TNI AL, tim Pusat Pembangunan Karakter Taruna, dan tim medis dari Poltekpel Sumbar, serta pemuka dan tokoh masyarakat Nagari Sariak Sungaipua.

Para taruna atau taruni dibekali dengan serangkaian kegiatan untuk melatih jiwa kepemimpinannya.

Dengan mengangkat tema "Dicipline, Smart, & Stronger", kegiatan ini diharapkan dapat memupuk kedisiplinan, menambah pengetahuan, dan melatih kekuatan fisik para taruna/i sebagai persiapan dan bekal para taruna atau taruni saat praktik laut maupun darat.

Karena tidak dipungkiri, pada masa praktek di kapal misalnya, dibutuhkan jiwa kepemimpinan, disiplin waktu, kecerdasan dalam melihat situasi dan kondisi, serta kekuatan mental terutama saat tugas jaga, begitu juga dengan praktik darat nantinya.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain: tracking di kaki Gunung Marapi, outbound, ice breaking, kegiatan leadership & teamwork building, dan bina akrab api unggun.

Baca juga: Sering Kerja Lembur? Ini 2 Dampaknya Menurut Dosen UM Surabaya

Capt. Wisnu Risianto menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih atas sambutan hangat dari tokoh masyarakat, pemuda, dan Wali Nagari Sariak yang telah menerima dan ikut mendampingi kegiatan para taruna atau taruni.

"Terlaksananya kegiatan ini semoga dapat menambah wawasan kepemimpinan, pengalaman, ketahanan fisik, dan bekal para taruna atau taruni saat terjun di tengah masyarakat sebagai tenaga profesional dalam bidang maritim kelak," kata dia dalam keterangannya, Selasa (13/12/2022).

Kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dengan memberikan gambaran pendidikan dan pelatihan para taruna atau taruni Poltekpel Sumbar untuk meningkatkan minat para pemuda Minang untuk menimba ilmu menjadi pelaut.

"Kami juga berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi taruna atau taruni kami, tapi juga bagi masyarakat sekitar yang menjunjung tinggi adat istiadat Minang," tambah dia.

Junaidi Datuk Bandaro Gadang mewakili Tokoh Adat menyampaikan dukungan atas terlaksananya kegiatan ini.

Baca juga: Sosok Prof. Gudono, Calon Besan Jokowi Pernah Jadi Guru Besar UGM

"Kami menyambut baik dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini yang juga sejalan dengan adat istiadat Minang dengan mengedepankan kepemimpinan, seperti falsafah Minang mengatakan Bajanjang Naik Batanggo Turun yang menjadi simbol gaya kepemimpinan para Ninik Mamak untuk melindungi anak kamanakan di Minangkabau," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com