Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Alami Mengobati Sakit Kepala dari Pakar UM Surabaya

Kompas.com - 21/12/2022, 17:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sakit kepala menjadi penyakit yang kerap terjadi. Penyebab sakit kepala sangat beragam mulai kondisi fisik yang tidak bugar hingga stres.

Pada masing-masing orang, tingkat rasa sakit atau nyeri di bagian kepala berbeda-beda, mulai dari ringan hingga berat. Durasinya pun beragam, dapat berlangsung hanya sebentar atau bahkan berhari-hari.

Dosen Ners Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Islam Syarifurrahman menyebut, pada umumnya sakit kepala dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila keluhan tidak segera diobati akan mengganggu aktivitas.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

“Seseorang biasanya mengkonsumsi obat untuk meredakan gejala pusingnya dengan cepat, padahal penyakit ringan seperti ini dapat disembuhkan tanpa obat,” ujar Islam dilansir dari laman UM Surabaya.

Islam menyebut intensitas nyeri sakit kepala tiap orang berbeda.

Nyeri ringan merupakan nyeri yang hilang kemudian timbul, nyeri sedang adalah nyeri yang dirasakan terus menerus, dan nyeri berat terjadi sepanjang hari.

Islam membagikan sejumlah tips menghilangkan sakit kepala secara alami. Apa saja? 

1. Mengatur nafas atau yoga

Pertama, olahraga. Menurutnya olahraga teratur seperti yoga menjadi pilihan yang baik untuk mencegah serta mengatasi sakit kepala, olahraga dalam hal ini melakukan gerakan yang fokus pada relaksasi, peregangan pada tubuh, serta mengatur pola pernapasan.

“Kombinasi gerakan tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih rileks serta meregangkan otot yang kaku, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancer,” kata Islam.

Baca juga: 6 Makanan bagi Penderita Asam Lambung, Info Ners Unair

2. Kompres air hangat pada leher

Kedua kompres air hangat pada leher. Kompres air hangat dengan suhu 40-50C.

Mengompres air hangat, memiliki efek terapeutik yang dapat mengurangi nyeri, mengurangi kejang pada otot.

Serta meningkatkan aliran darah serta merelaksasikan otot ke pembuluh darah serta melebarkan pembuluh darah sehingga pemasukan oksigen dan nutrisi otak ke jaringan otak meningkat,

“Tujuan kompres air hangat pada leher untuk menurunkan intensitas nyeri kepala,” imbuhnya.

3. Konsumsi buah-buahan

Terakhir konsumsi buah-buahan. Beberapa jenis buah-buahan mampu mengobati sakit kepala, seperti pisang yang memiliki kandungan kalium, hal ini baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

“Apabila terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menimbulkan sakit kepala. Buah naga memiliki kandungan yang kaya kalium dan flavonoid sehingga dapat menurunkan tekanan darah,”pungkas Islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com