Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2022, 17:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dunia kampus tentu berbeda dengan masa-masa sekolah, dari segi kultur pendidikan, lingkungan, dan sistem pembelajaran.

Bagi mahasiswa yang menimba ilmu di perguruan tinggi, masa-masa kuliah dapat menjadi tantangan tersendiri karena metode belajar yang lebih serius. Oleh karena itu, sebagian orang terpaksa berhenti di tengah jalan dan tidak mampu melanjutkan kuliahnya hingga tuntas.

Bagi kamu yang sedang mengecap pendidikan di universitas, perlu mencari tips dan metode belajar yang sesuai agar dapat menikmati dunia kuliah. Dengan demikian, kamu dapat mengatasi kesulitan yang ada dan mampu mencari solusi atas hambatan tersebut.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2023, Tunjangan Rp 7 Juta Per Bulan

Ilmu dan pengalaman ketika berada di lingkungan kampus sangatlah berharga karena dapat menjadi faktor utama dalam menentukan karir kamu di masa mendatang, maka janganlah kamu menyia-nyiakannya.

Melansir laman Instagram Universitas Multimedia Nusantara, ada lima tips yang dapat kamu coba agar belajarmu lebih efektif.

1. Terapkan metode 50:10

Metode 50:10 maksudnya adalah mampu membagi waktu antara belajar dan istirahat. Kamu hanya perlu untuk fokus belajar selama 50 menit, kemudian istirahat selama 10 menit. Lakukanlah hal ini secara terus dan berulang di waktu selanjutnya.

Metode ini bermanfaat agar kamu tidak terlalu fokus belajar dalam jangka waktu panjang, kemudian lelah dan bosan. Oleh karena itu, kamu perlu istirahat seketika di sela-sela waktu supaya otak bisa kembali jernih dan mampu belajar lebih lama.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

2. Cari tempat yang nyaman untuk mengubah suasana

Belajar tidak harus di kamar, kamu bisa mencoba di tempat lain yang sesuai dengan minatmu, misalnya mencari beberapa spot yang bagus di kampus, cafe, mall, taman, dan berbagai tempat lain yang nyaman untuk belajar.

Dengan menemukan suasana yang nyaman, kamu dapat lebih fokus mempelajari materi pelajaran karena mood belajar yang baik sangat berpengaruh terhadap hasil belajar kamu.

Kamu juga terhindar dari rasa jenuh ketika belajar, apalagi mengerjakan tugas kuliah yang agak sulit.

3. Berikan reward dan punishment untuk diri sendiri

Ketika kamu berhasil mencapai target belajarmu, berikanlah penghargaan pada dirimu sendiri misalnya menonton film, makan makanan favorit, piknik, dan hal-hal lain yang kamu senangi.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2022 Lulusan SMA-SMK dan D1-S1 di 40 Wilayah

Sebaliknya, jika kamu gagal dalam mencapai targetmu, coba beri hukuman ringan pada dirimu sendiri, misalnya menambah waktu belajar, mengurangi jajan, dan lain-lain.

4. Belajar dari berbagai sumber

Zaman digital ini, kamu tidak hanya bisa belajar dari buku saja. Kamu bisa memanfaatkan platform lain seperti YouTube dan media sosial, sehingga kamu tidak bosan untuk belajar.

5. Buatlah target capaian belajarmu

Cobalah untuk membuat target singkat dalam belajarmu, misalnya jika kamu sedang belajar menghafal beberapa teori, coba targetkan dalam satu jam menghafal satu hingga dua teori.

Dengan membuat target tersebut, kamu tidak mudah bosan saat belajar. Kamu akan lebih bersemangat karena ingin mencapai target yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com