Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2022, Unhas Tambah 26 Guru Besar

Kompas.com - 03/01/2023, 14:07 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, terus melakukan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Berbagai intervensi kebijakan dilakukan agar dapat mencapai sasaran Unhas di bidang peningkatan kualitas SDM.

Baca juga: 9 Pekerjaan Freelance buat Mahasiswa, Gaji Bisa di Atas Rp 7 Juta

Melalui Direktorat Sumber Daya Manusia, Unhas terus melakukan upaya percepatan kenaikan jabatan fungsional bagi seluruh Dosen.

Sepanjang 2022, Unhas telah berhasil mengukuhkan sebanyak 26 guru besar/profesor baru.

Capaian tersebut menambah jumlah profesor aktif Unhas yang ada saat ini menjadi 331 orang atau sekitar 21 persen dari seluruh dosen tetap Unhas.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni dan Sistem Informasi Unhas, Prof. Farida Patittingi, mengemukakan capaian tersebut merupakan hasil kerja bersama dan sinergitas semua elemen terkait.

Utamanya dukungan kuat dari Rektor Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa.

"Kita berharap dengan capaian tersebut, akan menambah kualitas penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi yang tentunya berdampak pada peningkatan kualitas lulusan dan reputasi Unhas baik level nasional maupun global," kata dia dalam keterangannya dikutip dari laman Unhas, Selasa (3/1/2023).

Direktur Sumber Daya Manusia Unhas, Dr. Idar Mappangara menambahkan, potensi peningkatan jumlah guru besar Unhas ke depan sangat besar.

Sebab, saat ini dosen Unhas yang memiliki jabatan fungsional Lektor Kepala (LK) sebanyak 445 orang (26,90 persen).

"Dengan demikian diharapkan di tahun 2023, sejumlah dosen dengan jabatan fungsional LK secepatnya akan meningkat menjadi guru besar/profesor," jelas Idar.

Baca juga: UTBK-SBMPTN Ganti Jadi UTBK-SNBT 2023: Cara Daftar, Syarat, dan Jadwal

Dua guru besar yang terakhir dikukuhkan pada 2022, yakni Prof. Triyatni Martosenjoyo dari Fakultas Teknik (FT) dan Prof. Abdul Razak Munir dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Prof. Triyatni menjadi Guru Besar bidang Ilmu Perancangan Arsitektur dengan nomor keanggotaan 454 dan Prof. Abdul Razak Munir menjadi Guru Besar bidang Manajemen Pemasaran dengan nomor keanggotaan 455.

Prosesi pengukuhan dihadiri oleh Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa, Ketua, Sekretaris, dan Anggota Senat Akademik di Ruang Senat Akademik Unhas, pada Kamis (22/12/2022).

Rektor Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa menyampaikan selamat kepada kedua guru besar yang telah dikukuhkan.

Kedua profesor baru Unhas ini, kata dia, mempersembahkan karya terbaiknya dan melalui hasil penelitian yang dilakukan.

Baca juga: Ikut SNBP 2023? 20 PTN Ini Menerima Mahasiswa SNMPTN 2022 Terbanyak

"Kita telah mendengarkan pidato pengukuhan kedua guru besar, banyak hal baru yang dipelajari dan dapat menjadi penambahan wawasan pengetahuan bagi pengembangan keilmuan kita. Sehingga melalui proses pengukuhan ini menjadi tantangan baru bagi guru besar Unhas," ucap Prof. Jamaluddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com