Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Kuliah di Universitas Jambi? Cek 26 UKM yang Ada

Kompas.com - 09/02/2023, 16:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Pulau Sumatera, Universitas Jambi (Unja) ternyata memiliki 26 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Apakah kamu tertarik untuk kuliah di Unja? Jika tertarik, maka harus tahu apa saja UKM yang ada di Unja. Tentu, ikut organisasi di kampus bisa menambah banyak pengetahuan bagi mahasiswa.

Melansir laman Unja, Rabu (8/2/2023), PTN tersebut memiliki sebanyak 26 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) aktif yang terdiri dari berbagai macam bidang.

Adapun UKM merupakan lembaga kemahasiswaan tempat berhimpunnya para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, keagamaan, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakulikuler di dalam kampus.

Baca juga: Mahasiswi Unja Wakili Jambi Ikut Pemilihan Duta Kesehatan Indonesia

Seluruh UKM yang ada di Unja berada di bawah naungan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni (WR III). Selain itu, seluruh UKM memiliki dosen pembina yang bertugas untuk mengawasi, melatih, membimbing dan membina.

Sedangkan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh UKM-UKM di Unja berupa pelatihan, workshop, seminar, perlombaan, bakti sosial, ekspedisi alam, study banding, kuliah umum, malam keakraban, konser, pertunjukan seni, penelitian, MBKM, dan hal-hal lainnya.

Kegiatan-kegiatan tersebut juga bukan hanya terbatas pada skala lingkungan kampus saja, tapi diadakan dalam skala regional, nasional, bahkan sampai internasional.

Jadi, bagi mahasiswa baru yang berkeinginan mengimbangi kegiatan akademik dengan kegiatan ekstrakurikuler di kampus, sangat disarankan untuk mengikuti dan bergabung dengan berbagai UKM yang ada di Unja.

Baca juga: Dosen Unja Inovasi CPO Jadi Pelembap Kulit

Pendaftaran angota baru UKM bisa dilakukan kapan saja, namun biasanya pada hari terakhir kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) semua UKM akan membuka stand pendaftaran di sekitar Balairung Pinang Masak Unja dan melakukan pengenalan UKM di hadapan seluruh mahasiswa baru.

UKM di Unja

Menurut Hj. Adrianti, S.E., M.M., selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Madya BAK Unja, ini rincian 26 UKM yang ada di Unja:

  1. UKM Pramuka
  2. UKM KSR Palang Merah Indonesia (PMI) UPT
  3. UKM Rohis Ar-Rahman
  4. UKM Paduan Suara Mahasiswa
  5. UKM Menwa Batalyon 001
  6. UKM Musik
  7. UKM Relawan Penanggulangan Bencana
  8. UKM Cinema
  9. UKM Pengembangan Tilawatil Qur’an Ar-Rayhaan
  10. UKM Riset Dan Penalaran EXIST (Excellent Intelectual And Smart Student)
  11. UKM Pencak Silat
  12. UKM Entrepreneur Mahasiswa
  13. UKM Training Motivation Centre
  14. UKM Mapala Siginjai
  15. UKM Robotika dan otomasi
  16. UKM Pengawal Ideologi Bangsa (PIB)
  17. UKM Kerohanian Kristen
  18. UKM Protokoler
  19. UKM Jurnalistik
  20. UKM Go Green
  21. UKM Kimia Terapan
  22. UKM Seni Budaya Melayu Aljami’ah
  23. UKM Teknologi Informasi (TI)
  24. UKM E-Sport
  25. UKM Anggar
  26. UKM Tari

Baca juga: Dosen Farmasi Unja Inovasi Spray Anti Nyamuk dari Limbah Ini

Jadi, itulah 26 UKM yang ada di Unja sebagai informasi bagi calon mahasiswa baru yang berminat untuk kuliah di Universitas Jambi pada SNPMB 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com