Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Kerja di Kapal Pesiar? Pahami Dulu 3 Hal Ini

Kompas.com - 13/02/2023, 15:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para lulusan SMA atau SMK yang tertarik untuk bekerja di kapal pesiar, tentu harus paham beberapa hal.

Biasanya, mereka yang ingin kerja di kapal pesiar lantaran punya prospek karier yang bagus. Selain itu karena bisa mendapatkan penghasilan yang besar.

Jika ingin bekerja di kapal pesiar, kamu harus mengambil Jurusan Perhotelan dan Kapal Pesiar khususnya di konsentrasi studi kapal pesiar.

Ini menjadi salah satu pendidikan vokasi yang cukup banyak peminat di lembaga pendidikan dan pelatihan (LPP) atau lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

Baca juga: 6 Tips Bekerja di Kapal Pesiar, Cocok bagi Lulusan Vokasi

Melansir laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Minggu (12/2/2023), Avianti Kartikasari selaku Direktur LKP Duta Persada Jogja memberikan penjelasan.

Menurutnya, banyaknya peminat untuk bekerja di kapal pesiar karena tidak terlepas dari berbagai macam profesi dan gaji yang di atas rata-rata dengan angka minimal 1.000 USD.

Selain itu, berkarier di kapal pesiar juga mempunyai jenjang karier yang jelas dan dapat membangun networking secara internasional.

Adapun beberapa profesi di kapal pesiar, di antaranya adalah staf kapal pesiar (cruise staff), pelayan kabin (room steward), chef, bahkan sampai manajer restoran.

Tetapi, bekerja di kapal pesiar pun tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum terjun ke lapangan.

Baca juga: Vokasi ITS Tangani Sampah Plastik dengan Cara Ini

Jika kamu tertarik kerja di kapal pesiar, ini tips bekerja di kapal pesiar yang wajib kamu pahami menurut Avianti Kartikasari.

1. Siapkan mental dan fisik

Bekerja di bidang hospitality menjadi seorang staf kapal pesiar atau pelayan kabin harus memiliki mental yang senang melayani orang.

Dalam pekerjaannya, kedua pekerjaan di kapal pesiar tersebut akan berhubungan erat dengan melayani tamu. Maka dari itu, memiliki sikap ramah tamah dan murah senyum menjadi poin utama jika ingin bekerja di kapal pesiar.

Selain itu, ada beberapa industri kapal pesiar yang memberikan kualifikasi untuk fisik, seperti misalnya standar tinggi badan, buta warna, dan juga penyakit bawaan.

2. Punya kompetensi di bidangnya

Industri membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan kompetensi yang mumpuni. Untuk itu, pendidikan vokasi melalui LKP atau LPP menjadi sarana yang bisa kamu ikuti.

Tentunya jika ingin mendapatkan keterampilan di bidang hospitality, khususnya di bidang kapal pesiar.

Baca juga: Ini 21 Prodi Sekolah Vokasi UGM, Cocok yang Ingin Kuliah D4

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com