Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2023, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Jumlah pendaftar mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengalami peningkatan di tahun 2023.

koordinator Pokja Humas Panitia Nasional PMB PTKIN, Mukhamad Rikza Chammam mengatakan bahwa pada pendaftaran seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) 2023 tercatat 176.413 siswa melakukan finalisasi pendaftaran oleh Sekolah.

Jumlah tersebut, lanjut dia, naik dari tahun lalu, yakni jumlah siswa yang melakukan finalisasi pendaftaran sejumlah 172.971 siswa.

Baca juga: 10 Universitas Islam Negeri Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Seleksi Mandiri PTKIN dibuka 10 April 2023

Rikza menerangkan, bahwa seleksi masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri digelar serentak bersama-sama.

“58 PTKIN Seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Agama melakukan seleksi bersama lewat jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN,” ujar Rikza dilansir dari laman Kemenag.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada tahun 2023 ini terdapat 177.135 kuota mahasiswa baru di PTKIN yang terbagi pada dua jalur seleksi nasional dan jalur mandiri oleh masing-masing PTKIN.

“Kuota mahasiswa baru di PTKIN sebanyak 177.135, terbagi 33 persen ada di jalur SPAN-PTKIN, 44 persen UM-PTKIN dan 20 persen Jalur mandiri,” tambahnya.

Saat ini seleksi yang sedang proses penilaian adalah jalur SPAN-PTKIN, di mana proses penilaian digunakan menggunakan skor nilai rata-rata mata pelajaran, nilai rata-rata mata pelajaran pendukung, dan prestasi lainnya.

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2023, Uang Saku Rp 12 Juta Per Bulan

“Dokumen pendaftaran oleh siswa sedang dilakukan proses penilaian dan akan diumumkan pada 3 April mendatang.” Tutup Rikza.

Adapun jalur UM-PTKIN akan diselenggarakan pada tanggal 10 April 2023-15 Mei 2023, ketentuan syarat pendaftaran dapat dilihat secara berkala pada laman um-ptkin.ac.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com