Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Calon Mahasiswa Pendaftar SPAN PTKIN 2023 Meningkat

Kompas.com - 24/03/2023, 10:10 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Jumlah pendaftar mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengalami peningkatan di tahun 2023.

koordinator Pokja Humas Panitia Nasional PMB PTKIN, Mukhamad Rikza Chammam mengatakan bahwa pada pendaftaran seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) 2023 tercatat 176.413 siswa melakukan finalisasi pendaftaran oleh Sekolah.

Jumlah tersebut, lanjut dia, naik dari tahun lalu, yakni jumlah siswa yang melakukan finalisasi pendaftaran sejumlah 172.971 siswa.

Baca juga: 10 Universitas Islam Negeri Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Seleksi Mandiri PTKIN dibuka 10 April 2023

Rikza menerangkan, bahwa seleksi masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri digelar serentak bersama-sama.

“58 PTKIN Seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Agama melakukan seleksi bersama lewat jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN,” ujar Rikza dilansir dari laman Kemenag.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada tahun 2023 ini terdapat 177.135 kuota mahasiswa baru di PTKIN yang terbagi pada dua jalur seleksi nasional dan jalur mandiri oleh masing-masing PTKIN.

“Kuota mahasiswa baru di PTKIN sebanyak 177.135, terbagi 33 persen ada di jalur SPAN-PTKIN, 44 persen UM-PTKIN dan 20 persen Jalur mandiri,” tambahnya.

Saat ini seleksi yang sedang proses penilaian adalah jalur SPAN-PTKIN, di mana proses penilaian digunakan menggunakan skor nilai rata-rata mata pelajaran, nilai rata-rata mata pelajaran pendukung, dan prestasi lainnya.

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2023, Uang Saku Rp 12 Juta Per Bulan

“Dokumen pendaftaran oleh siswa sedang dilakukan proses penilaian dan akan diumumkan pada 3 April mendatang.” Tutup Rikza.

Adapun jalur UM-PTKIN akan diselenggarakan pada tanggal 10 April 2023-15 Mei 2023, ketentuan syarat pendaftaran dapat dilihat secara berkala pada laman um-ptkin.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com