Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Melanjutkan Kuliah di Turkiye, Siswa Perlu Tahu

Kompas.com - 19/04/2023, 14:00 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Turkiye adalah salah satu negara yang menawarkan banyak keuntungan bagi mahasiswa internasional yang ingin mengejar pendidikan tinggi.

Semakin banyak mahasiswa internasional yang memilih Turkiye sebagai destinasi studi karena Turkiye menawarkan pendidikan tinggi berkualitas, lingkungan multikultural, biaya kuliah terjangkau, dan kesempatan karir yang luas. Termasuk tawaran beasiswa penuh setiap tahunnya.

Mahasiswa Indonesia dapat memperoleh pendidikan tinggi dengan biaya kuliah yang lebih terjangkau. Selain itu, universitas-universitas di Turkiye banyak menawarkan program-program studi dalam berbagai bidang seperti teknik, ilmu sosial, kedokteran, hukum, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2023, Kuliah Gratis-Tunjangan Bulanan

Turkiye juga memiliki banyak perusahaan internasional yang menawarkan pekerjaan di berbagai bidang, termasuk di sektor teknologi dan energi yang semakin berkembang. Kesempatan ini membuka jalan bagi mahasiswa Indonesia untuk memulai karier internasional mereka di negara ini, atau bahkan di negara-negara tetangga di sekitarnya.

Ada beberapa alasan mengapa mahasiswa harus mempertimbangkan untuk berkuliah di Turkiye, melansir dari Schoters Indonesia, berikut lima alasan mengapa harus berkuliah di Turkiye.

1. Sistem pendidikan

Turkiye mengadopsi sistem pendidikan European Credit Accumulation and Transfer System dan European Higher Education Area (Bologna Process). Sistem ini digunakan oleh 49 negara di Eropa.

Ijazah yang dikeluarkan oleh berbagai universitas di Turkiye telah terakreditasi dan diakui di semua negara di Eropa.

Baca juga: Beasiswa S2 Inggris 2023 bagi Perempuan, Kuliah Gratis dan Uang Saku

2. Biaya hidup yang relatif murah

Biaya hidup di Turkiye rata-rata 4,3 persen lebih rendah daripada biaya hidup di Indonesia. Hal ini bergantung pada daerah tempat tinggal dan juga gaya hidup yang dikeluarkan di Turkiye. Berikut rincian perkiraan biaya yang dikeluarkan:

  • Akomodasi: Rp 2,4 - 3,2 Juta
  • Asuransi kesehatan: Rp 232.000 - 387.000
  • Makanan: Rp 775.000 - 2,3 Juta
  • Transportasi: Rp 328.000 - 821.000
  • Hiburan: Rp 45.000 - 465.000

Hal ini membantu mahasiswa yang ingin memperoleh pendidikan tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

3. Beasiswa penuh

Turkiye menjadi salah satu negara yang rutin menawarkan beasiswa penuh jenjang S1, S2 bahkan S3 bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia.

Salah satu beasiswa bergengsinya ialah Turkiye Burslari Scholarship yang menanggung semua biaya kuliah, uang saku, tunjangan makan hingga asrama. Simak di artikel Beasiswa S1-S3 Turkiye 2023, Kuliah Gratis Dapat Uang Saku Bulanan

4. Sejarah dan budaya

Turkiye memiliki banyak tempat wisata yang terdaftar dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Contohnya seperti Archaeological Site of Troy dan Aphrodisias. Tidak hanya itu, situs warisan ini menjadi tujuan wisata yang populer di Turkiye.

Hal ini memberikan pengalaman yang unik bagi mahasiswa, karena mereka dapat belajar budaya baru dan hidup bersama dengan orang-orang dari berbagai negara dan budaya yang berbeda.

Baca juga: Beasiswa Kemenpora untuk Mahasiswa S1-S3, Dapat Dana Rp 10 Juta

 

5. Opsi universitas yang beragam

Menjadi negara kedua di dunia dengan akses pendidikan tertinggi dengan tingkat sekolah 94,2 persen.

Turkiye memiliki 208 universitas dengan jumlah siswa lebih dari 8 juta dan lebih dari 45.000 program kuliah. Jumlah ini membuat Turkiye menjadi negara pertama dengan jumlah mahasiswa terbanyak se-Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com