Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kampus Luar Negeri Punya Metode Belajar Seru bagi Mahasiswa

Kompas.com - 16/05/2023, 09:32 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, tidak sedikit pelajar Indonesia yang berkeinginan untuk mengeksplorasi pendidikan di luar negeri. 

Alasan melanjutkan kuliah di luar negeri antara lain peluang beasiswa yang kian beragam, peluang karier yang lebih baik hingga memperluas jejaring internasional. Termasuk merasakan pengalaman belajar yang berbeda dengan yang biasanya ditemui di Indonesia.

Hanya saja, mencari kampus yang sesuai dengan minat dan kebutuhan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti biaya, lokasi, dan kualitas pendidikan.

Baca juga: 14 Beasiswa S2 dan S3 ke Luar Negeri Tanpa Batas Usia

Bagi mahasiswa Indonesia yang tertarik belajar di luar negeri, memilih kampus yang memiliki metode belajar aktif dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna sekaligus menyenangkan.

Melansir melalui Kobi Education, berikut kampus yang menawarkan metode belajar unik dan patut dipertimbangkan.

4 kampus yang punya metode belajar seru

1. Harvard Business School, Amerika Serikat

Memiliki kelas dengan metode Case Method, difasilitasi oleh Profesor Tsedal Neley. Dengan metode ini, kelas dibuat sangat interaktif antara dosen dan mahasiswa. Dosen juga menjelaskan materi dengan cara yang atraktif. 

Sistem belajar ini membuat mahasiswa aktif di kelas bahkan "berebut" untuk saling sharing pendapat yang dimiliki.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Malaysia 2023: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 11 Juta Per Bulan

2. The University of Minnesota, Amerika Serikat

Kampus ini menerapkan konsep active learning dengan round table. Mahasiswa akan saling belajar mengenai topik yang sedang dibahas.

Dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok nantinya memiliki komputer dan menampilkan diskusi pada layar. Hasil diskusi bisa dievaluasi juga oleh mahasiswa kelompok lain ataupun dosen.

3. London Business School, Inggris

Professor Gillian Ku menggunakan metode presentasi dengan slide yang memiliki banyak contoh dan kasus menarik.

Walaupun memiliki jumlah mahasiswa yang banyak, tetapi kelas dikemas dengan aktif agar mahasiswa tidak takut angkat tangan untuk bertanya dan sharing pendapat yang dimilikinya.

Baca juga: 6 Beasiswa S1, S2, S3 ke Luar Negeri Tanpa LoA Unconditional

4. University of British Columbia, Kanada

Kampus ini menerapkan metode pembelajaran berbasis worksheet activity. Nantinya dosen akan menyiapkan worksheet di kelas, lalu mahasiswa akan mengerjakannya secara mandiri atau berkelompok.

Setiap challenge worksheet akan dibahas dan didiskusikan di kelas bersama dengan profesor. Mahasiswa nantinya bisa bertanya apapun dan sharing pendapat satu sama lain, maka mahasiswa tidak lagi memiliki kebingungan dengan topik belajar yang sedang dipelajari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com