Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Bisa Lolos Beasiswa LPDP 2023, Catat Segera

Kompas.com - 04/06/2023, 10:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang siap mendaftar Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 Tahap 2, harus tahu beberapa hal agar tak gagal dikemudian hari.

Ada 10 tips yang wajib diperhatikan biar lolos LPDP 2023. Tips ini adalah hal yang harus dihindari dan hal yang wajib dilakukan calon mahasiswa. 

Sesuai jadwal, Beasiswa LPDP Tahap 2 akan dibuka pada 9 Juni 2023. Sebelum dibuka, ketahui apa yang jangan dilakukan selama apply beasiswa.

Baca juga: LPDP 2023 Tahap 2: Cek Batas Usia untuk Daftar 13 Jenis Beasiswa Ini

Melansir akun Instagram layanan pendidikan ke luar negeri, @schoters, berikut 10 tips yang bisa membantu persiapan kamu meraih beasiswa LPDP 2023:

10 tips lolos Beasiswa LPDP 2023

1. Terlalu santai dan submit beasiswa mepet deadline. 

2. Meremehkan skor IELTS/TOEFL. Pasalnya skor IELTS/TOEFL bisa juga sebagai salah satu pertimbangan seleksi dalam memilih penerima beasiswa. 

3. Tidak memiliki tujuan jalur beasiswa yang jelas. Padahal LPDP memiliki jalur yang target penerima beasiswa berbeda-beda. Pahami detil jalur beasiswa. 

Baca juga: Beasiswa LPDP 2023 Tahap 2 Dibuka 9 Juni, Cek Syarat Skor TOEFL-IELTS

4. Melakukan plagiarisme, padahal hal seperti ini merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. 

5. Mengirim file yang sama persis dengan pendaftaran sebelumnya. Cobalah perbarui file dan kembangkan lagi potensi dalam diri dan upgrade isi dokumen yang lebih baik dari sebelumnya.

6. Buat timeline beasiswa dan checklist persyaratan. Mulai persiapan dari mencari tahu informasi lengkap mengenai beasiswa LPDP melalui official website LPDP, catat jangan sampai ada yang terlewat.

7. Perhatikan syarat tes bahasa asing kampus tujuan dan LPDP. Cobalah kejar skor tes bahasa sesuai dengan kampus target apabila lebih tinggi syaratnya dari LPDP untuk mendapatkan LoA atau lolos seleksi setelah menyelesaikan rangkaian tahapan LPDP (jalur non LoA).

8. Menentukan pilihan jurusan dan universitas untuk mendapatkan LoA. Pilih satu jalur yang kamu inginkan dan sesuai dengan profil kamu, pastikan kampus yang menjadi targetmu masuk dalam list jalur tersebut.

Selain itu, LPDP memiliki dua jalur, LoA dan non-LoA. Kelebihan jalur LoA yaitu tidak perlu mengikuti tes bakat skolastik (TPA) dan langsung ke tahap wawancara jika lolos.

9. Belajar dari pengalaman orang lain. Jika ada teman dan senior yang merupakan awardee di tahun sebelumnya, tanyakan pengalamannya selama apply beasiswa. 

10. Evaluasi kembali saat kamu pernah ditolak. LPDP memberikan kesempatan tiga kali untuk mencoba. Jadi, maksimalkan setiap usaha untuk bisa lolos tahap demi tahapnya.

Baca juga: Sudah IPK 4, Maria Juga Lulus S3 Unair di Usia 24 Tahun

Demikian 10 tips yang bisa dilakukan calon mahasiswa, agar lolos LPDP 2023. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com