Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Ilmu Komunikasi USU? Ini Biaya Kuliah dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 05/06/2023, 13:33 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu jurusan kuliah yang banyak peminatnya ialah Ilmu Komunikasi. Tentu karena jurusan ini prospek kerjanya cukup luas.

Salah satunya bisa menjadi seorang presenter, jurnalis, humas, atau seorang public speaking. Ini karena ilmu yang dipelajari mencakup dunia komunikasi.

Bagi yang berminat kuliah mengambil Jurusan Ilmu Komunikasi, maka bisa mendaftar di kampus yang menawarkan Jurusan Ilmu Komunikasi.

Seperti Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Sumatera Utara (USU). Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini punya jurusan tersebut.

Baca juga: Pendaftaran USU Jalur Mandiri 2023 Dibuka, Cek Syarat dan Biayanya

Melansir laman USU, Program Sarjana Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU didirikan pada 1983.

Program Sarjana Ilmu Komunikasi merupakan pusat pendidikan tinggi ilmu komunikasi unggulan yang berfokus pada public speaking, literasi, produksi media, periklanan, dan ilmu komunikasi lainnya.

Dengan dampingan jajaran individu terbaik yang bertekad kuat sebagai tenaga pendidik, pembelajaran ilmu komunikasi dirancang untuk menyokong mahasiswa menyampaikan pesan secara efektif dengan membuat atmosfer pembelajaran yang menyenangkan.

Lulusan Program Sarjana Ilmu Komunikasi memiliki berbagai prospek kerja yang luas, di antaranya frontliner media, event organizer, public speaker, dan news presenter pada bidang jurnalistik.

Jurusan kuliah tersebut juga sudah terakreditasi unggul. Maka tak heran jika banyak lulusan yang bekerja di berbagai dunia industri.

Tak hanya itu saja, melalui kurikulum yang disusun oleh prodi, mahasiswa didorong untuk mandiri dan mampu menciptakan peluang kerja (berwirausaha) di bidang kreatif ilmu komunikasi, hal ini dilakukan agar mahasiswa siap bersaing secara global.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Adapun Ilmu Komunikasi adalah induk dari ilmu turunannya yang lain seperti Jurnalistik, Penyiaran, Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, Periklanan (Advertising), Performing Arts Communication, dan lain-lain.

Target capaian pembelajaran tersebut diharapkan mampu untuk membekali setiap mahasiswa ilmu komunikasi untuk dapat bersaing di luar baik secara sosial maupun akademik.

Di USU, S1 Ilmu Komunikasinya mencakup proses pembelajaran setara dengan 144 satuan kredit semester (SKS) yang dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun. Mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.).

Untuk kelompok keilmuannya ialah:

1. Jurnalistik

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com