Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa KKN IPB Kenalkan Pestisida Nabati dengan Bahan Dapur

Kompas.com - 15/08/2023, 16:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ipb.ac.id

KOMPAS.com - Saat menjalankan Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Inovasi, mahasiswa IPB University melakukan sosialisasi dan demonstrasi pestisida nabati di Desa Buniwah, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Menurut salah satu mahasiswa IPB, Khansa Luvena Hendra, sosialisasi itu dipaparkan pada dua kelompok dasa wisma, yaitu Dasa Wisma Rosella dan Dasa Wisma Wijaya Kusuma.

Dijelaskan, pestisida nabati merupakan pestisida berbahan dasar organik yang berasal dari tumbuhan. Umumnya menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

"Karena organik, pestisida nabati cenderung tidak mencemarkan lingkungan dan aman bagi manusia serta tanaman," ujarnya, dilansir dari laman IPB, Selasa (15/8/2023).

Baca juga: PNUP Inovasi Beton Bertulang Bilah Bambu

Tentunya, hama dan penyakit menjadi salah satu permasalahan penting di tanaman. Sedangkan umumnya pengendaliannya dapat menggunakan pestisida kimia.

Tetapi harganya cenderung lebih mahal dan dapat meninggalkan residu pada produk tanaman.

"Oleh karena itu, penggunaan pestisida nabati dapat menjadi alternatif lain yang lebih murah dan ramah lingkungan," jelasnya.

Pada saat sosialisasi itu, Khansa mengupas seputar pestisida nabati dan cara kerjanya serta pengenalan hama dan penyakit tanaman yang dapat dikendalikan.

Adapun pembuatan pestisida nabati terbilang mudah dibuat. Bahannya mudah ditemukan dan tidak membutuhkan teknologi tinggi.

Sebab, bahan dasarnya mudah didapat yakni bawang putih yang ada di dapur.

Sementara Diffa Ulinnuha, perwakilan mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University menambahkan, kegiatan ini dapat menjadi program kerja kelompok dasa wisma ke depannya.

Tidak hanya aktivitas menanam, tetapi juga masyarakat perlu mulai merawat tanaman, salah satunya dengan memanfaatkan ragam bahan yang ada di dapur rumah untuk menjadi pestisida nabati.

Hilmah, salah satu warga yang mengikuti kegiatan ini mengatakan, sosialisasi mengenai pestisida nabati ini sangat mudah dipahami dan bermanfaat.

Baca juga: TPS Inovasi UGM-Pemkab Sleman Ini Ada Teknologi Penghilang Bau

"Saya sendiri berminat untuk mencoba membuat pestisida nabati karena bahan bakunya yang berasal dari lingkungan dan dapat dilakukan dengan mudah," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ipb.ac.id


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com