Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jurusan Unik yang Ada di Kampus Luar Negeri

Kompas.com - 20/09/2023, 21:29 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada berbagai jurusan kuliah di perguruan tinggi yang bisa dipilih calon mahasiswa sesuai bakat dan minatnya.

Tapi tahukah kamu bahwa ada tiga jurusan unik yang hanya ada di kampus luar negeri. Meski dikatakan unik, namun jurusan-jurusan ini tersedia di beberapa negara besar. Seperti di Inggris hingga Jepang.

Dilansir dari akun Instagram Schoters Indonesia, Rabu (20/9/2023) membagikan informasi mengenai tiga jurusan unik yang hanya ada di kampus luar negeri.

Apa saja jurusan unik tersebut? Simak informasinya sampai selesai.

Baca juga: Pendaftaran Kedokteran UKSW Masih Buka, Ini Syarat dan Biaya Kuliahnya

1. Jurusan Seni Sirkus

Jurusan unik yang pertama adalah Jurusan Seni Sirkus yang hanya ada di Universitas Teknologi Swinburne Australia.

Pembelajaran yang diberikan jurusan ini akan menggunakan model konservatori supaya kamu bisa mengembangkan pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi aktor seni sirkus.

Lulusan dari Jurusan Seni Sirkus ini memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang seni sirkus kontemporer.

2. Jurusan The Beatles

Bagi penggemar grup band legendaris The Beatles, ternyata ada jurusan kuliah The Beatles.

Jurusan The Beatles merupakan program S2 di Universitas Liverpool yang merupakan kota kelahiran grup band rock dan pop legendaris tersebut.

Mahasiswa yang memilih jurusan ini nantinya akan belajar tentang perjalanan karier musik The Beatles dalam industri kreatif dan budaya seperti musik, media, pariwisata dan warisan budaya.

Jika memilih Jurusan The Beatles ini, kamu bisa mengeksplorasi tempat-tempat di Liverpool dan Merseyside di mana tempat terbentuknya grup band The Beatles.

3. Jurusan Manga

Bagi penggemar Manga, jurusan ini bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan. Jurusan Manga ini tersedia di Universitas Seika Kyoto, Jepang.

Universitas Seika Kyoto Jepang ini membuka Fakultas Manga dengan 5 jurusan. Fakultas ini bahkan menjadi Fakultas Manga pertama dan menjadi satu-satunya di Jepang.

Jurusan ini akan mempelajari langsung dari profesional. Banyak juga mahasiswa jurusan ini yang sudah memulai karier sebagai seniman ketika masih kuliah.

Baca juga: Ini Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa Unggulan 2023 Tahap 2

Demikian tiga jurusan unik yang hanya ada di kampus luar negeri. Kira-kira kamu ingin pilih jurusan mana jika akan kuliah di luar negeri?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com