Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Semangat Belajar, Nomor 6 Paling Sulit Dilakukan

Kompas.com - 23/10/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Anak sekolah punya tugas untuk rajin belajar. Tapi, belajar juga punya banyak manfaat, salah satunya menambah wawasan.

Meski demikian, siswa pasti juga pernah mengalami malas untuk belajar. Ada pula rasa bosan hingga semangat belajar jadi hilang.

Hal ini wajar bagi siswa yang masih sekolah. Terlebih mereka yang punya banyak kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah.

Maka dari itu, butuh cara atau tips semangat belajar bagi siswa. Seperti apa itu tipsnya? Dilansir dari laman SMK PGRI Sukodadi, ini tipsnya.

Baca juga: 8 Cara Rajin Belajar bagi Siswa

Tips semangat belajar

1. Membuat target yang ingin dicapai

Kamu sebaiknya membuat target yang ditulis dan ditempelkan di tempat-tempat yang sering dijumpai, misalnya saja di lemari atau dinding kamar.

Dengan menulis target yang akan kita capai ini mempunyai kekuatan yang besar dalam mencapai keberhasilan.

2. Tunda dulu kesenangannya

Tunda terlebih dahulu kesenanganmu, tetapi ganti dengan melakukan perjuangan belajar menuntut ilmu. Meski rasanya pahit, tetapi jika kita telah menjalaninya maka kita akan merasakan kenikmatannya.

Belajar itu menyenangkan karena kita akan bisa mengerti apapun yang ingin kita ketahui. Untuk itu kamu harus mencoba menunda dulu kesenangannya.

3. Bergaul dengan teman yang semangat belajar

Jika kamu punya teman yang bersemangat belajar, maka kamu harus bergaul dengannya. Kamu akan tertular kebaikan dari dia yakni rajin belajar.

Maka pandai-pandailah dalam memilih teman, karena teman sangat mempengaruhi kehidupan kita nantinya.

Baca juga: 10 Tips Semangat Belajar, Cocok bagi Siswa

4. Waktu belajar bisa diatur

Mengatur waktu akan menjadikan dirimu berlatih disiplin serta tidak bertingkah semaunya sendiri atau sesuai kehendak hati.

Mungkin ketika kamu sedang patah hati, padahal besok akan ujian maka kamu tidak belajar. Hal ini yang harus dihindari karena belajar tetap harus berjalan.

Dengan mengatur waktu belajar maka kamu akan fokus dengan belajar, karena waktu bermain, belajar atau yang lain telah terpisah-pisah dengan baik.

5. Buktikan bahwa kamu pintar

Seorang yang memliki kemauan yang tinggi akan mempunyai motivasi tinggi dalam mencapai target.

Maka, buktikan kepada orang-orang bahwa kamu juga termasuk orang yang mempunyai kemauan yang tinggi, dengan bermodal tersebut maka dirimu akan termotivasi untuk semangat belajar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com