Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2023, 07:48 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang tahun depan ingin kuliah, maka harus tahu jurusan kuliah dengan gaji tinggi. Apa saja jurusan kuliahnya?

Tentu, ada banyak pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi. Meski demikian, kamu tentu saja tidak bisa memilih pekerjaan mana yang kamu inginkan.

Tanpa tahu apa passion dan bagaimana skill yang kamu miliki. Sebagai gambaran, berikut ini 5 jurusan yang paling besar gajinya.

Informasi dilansir dari laman Telkom University, terkait jurusan kuliah yang memiliki gaji tinggi.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Langsung Cepat Dapat Kerja

Jurusan kuliah dengan gaji tinggi

1. Teknik Komputer

Seiring perkembangan dunia IT, maka teknologi akan terus berkembang. Ada berbagai sektor industri di berbagai belahan dunia yang membutuhkan teknisi andal di bidang komputer.

Karena kebutuhan yang terus meningkat, tidak heran jika Teknik Komputer menjadi salah satu jurusan yang paling besar gajinya.

Lulusan baru (fresh graduate) bisa dapat rentang gaji antara Rp 3 juta sampai Rp 8 jutaan per bulan. Makin tinggi posisimu dan makin panjang pengalaman kerjamu, potensi kenaikan gajimu akan makin besar.

Menurut studi yang dimuat dalam CNBC Make It, gaji lulusan Teknik Komputer bisa mencapai Rp 1,1 miliar per tahun.

2. Teknik Telekomunikasi

Adapun jurusan kuliah dengan gaji tinggi berikutnya ialah Teknik Telekomunikasi. Dilansir dari Gajimu.com, kisaran penghasilan untuk profesi Ahli Teknik Telekomunikasi bisa berkisar antara Rp 3 juta sampai Rp 18 juta per bulan.

Makin panjang durasi dan masa kerja, makin besar juga penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga: 6 PTS Murah di Jakarta, Calon Mahasiswa Cek Sekarang

3. Data Sains

Selain bisa memberimu peluang gaji yang besar, data sains juga termasuk jurusan paling cepat dapat kerja. Sebab, lulusan Jurusan Data Sains saat ini sedang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan baik startup maupun perusahaan besar.

Dengan berkuliah di jurusan ini, kamu akan menjadi seorang profesional di bidang data analyst, menjadi data scientist, business intelligence dan lain sebagainya.

Menurut data dari Payscale, data scientist bisa mendapatkan gaji antara Rp 11 juta sampai Rp 360 juta. Sangat menggiurkan, bukan? Terlebih, peluang kerja data scientist juga diperkirakan akan makin bertambah di masa depan.

4. Teknik Elektro

Dari studi CNBC Make It, Jurusan Teknik Elektro juga termasuk jurusan kuliah gaji tinggi. Penghasilan rata-rata per tahun untuk lulusan Teknik Elektro bisa mencapai Rp 1 miliar.

Ada beberapa profesi yang bisa kamu geluti setelah lulus dari jurusan ini, mulai dari perusahaan swasta, BUMN hingga di bidang pertambangan dan telekomunikasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com