Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lahirkan Bibit Unggul, Sekolah Cikal Amri Setu Bentuk Tim Guru Khusus Minat dan Bakat Murid

Kompas.com - 15/03/2024, 13:27 WIB
Ikhsan Fatkhurrohman Dahlan,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Demi menemukan, mengoptimalkan, dan mendukung pengembangan diri murid, Sekolah Cikal Amri Setu Jakarta Timur membentuk tim guru khusus untuk mendampingi murid menemukan minat dan bakat mereka.

Kepala Sekolah Cikal Amri Setu, Izza Dinillah mengungkapkan bahwa sebagai sekolah swasta inklusi nasional yang terakreditasi A, Sekolah Cikal Amri Setu menyiapkan tim guru khusus. Tim ini memiliki keahlian di bidangnya masing-masing sehingga dapat mendampingi murid dalam mengikuti berbagai kegiatan eksplorasi diri.

“Di Sekolah Cikal Amri Setu, kami tahu setiap anak memiliki minat yang banyak dan kami pun senang melihat dan mendampinginya,” ungkap Izza melalui siaran persnya, Jumat (15/3/2024).

“Kami mempersiapkan dan memiliki tim guru (yang) sudah kami tetapkan secara spesifik, lalu memiliki dedicated time and resources untuk bimbing anak-anak. Jadi, kami tugaskan para guru tersebut untuk mendampingi anak-anak dengan cara yang menyenangkan dalam eksplorasi minat, bakat, hingga prestasinya,” lanjutnya.

Baca juga: Angkat Kisah Keumalahayati, Playground of Samudera Pasai Sekolah Cikal Ajarkan Nilai Perjuangan dan Cinta Budaya

Salah satu contoh pendampingan tim guru Sekolah Cikal Amri Setu adalah dalam Olimpiade Ekonomi dan Turnamen Pelajar Dunia (World Scholars Cup).

Dalam kegiatan tersebut, tenaga pendidik program ekonomi, Hendrik Wijaya, memberikan pendampingan pada Reyhan Muhammad Hatta mulai dari olimpiade tingkat kota hingga internasional.

“Sekolah Cikal Amri Setu mendukung Hatta dan juga menugaskan saya untuk mendampingi Hatta dalam diskusi mengacu pada persiapan olimpiade,” ucap Hendrik.

Selain Hendrik, terdapat pula pendidik program Social Studies Devi Natalia dan pendidik program Bahasa Inggris Dita Annisa Johar yang turut mendampingi para murid dalam ajang World Scholars Cup (WSC) tiap tahunnya.

Baca juga: Peningkatan Anggaran Penelitian dan Pertaruhan Reputasi Akademik

“Di Cikal Amri Setu, memang ada guru yang ditugaskan untuk program-program tertentu di luar akademik, misalnya saya dan Ibu Dita untuk WSC. Hal ini bertujuan supaya bisa mengoptimalkan juga potensi anak-anak. Dengan bimbingan kami, harapannya dapat membantu dalam pengembangan kemampuan anak-anak.” jelas Devi.

Sekolah Cikal Amri Setu fokus untuk melahirkan bakat terbaik anak untuk IndonesiaDOK. Cikal Sekolah Cikal Amri Setu fokus untuk melahirkan bakat terbaik anak untuk Indonesia

Kunci lahirkan bibit unggul

Sebagai sekolah yang fokus melahirkan bakat-bakat terbaik, Sekolah Cikal Amri Setu selalu memberikan ruang eksplorasi bagi anak.

Kepala Sekolah Cikal Amri Setu, Izza menjelaskan bahwa kunci lahirnya cikal bakal atau bibit unggul masa depan bangsa adalah murid yang bisa membuat keputusan sendiri.

Menurutnya, Sekolah Cikal Amri Setu tidak pernah memaksa anak karena berbagai kegiatan atau tantangan dalam bentuk kompetisi, olimpiade, workshop, dan lainnya adalah tantangan untuk mengoptimalkan minat dan bakat mereka.

Baca juga: Alasan Kemendikbud Hapus Tes Potensi Akademik di UTBK SNBT 2024

Izza menambahkan, perjalanan memetakan minat anak di Sekolah Cikal Amri Setu dimulai dari motivasi anak. Sekolah akan mendampingi anak untuk mengembangkan bakat dan menantang mereka.

“Orangtua pun dapat menyampaikan ke sekolah apabila memang anaknya memiliki minat tertentu untuk kami gali lebih dalam dan tawarkan kesempatan pengembangan diri yang disampaikan di Student Development Newsletter secara berkala,” tutur Izza.

“Meskipun keputusan kembali lagi kepada anaknya. Kami tidak bisa memaksakan pula. Kami percaya bahwa setiap anak membutuhkan ruang eksplorasi dan kami dukung itu, tidak hanya melalui lomba atau kompetisi, ya, melainkan masih banyak lagi, misalnya workshop atau kelompok riset,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com