Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

UK Maranatha Raih Akreditasi Unggul

Kompas.com - 22/03/2024, 19:08 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan Universitas Kristen Maranatha terakreditasi Unggul. Keputusan ini ditetapkan melalui surat keputusan No. 330/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2024 tertanggal 20 Maret 2024.

Sebelumnya, UK Maranatha telah menjalani asesmen lapangan yang diadakan pada Jumat (15/3/2024).

Mensyukuri tercapainya akreditasi Unggul, Rektor UK Maranatha, Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D., IPU. menyebutkan bahwa tugas Maranatha selanjutnya adalah untuk mempertahankan peringkat Unggul.

“Kami bersyukur atas tercapainya akreditasi Unggul. Maka, kini mempertahankan peringkat Unggul (bakal) lebih sulit daripada meraihnya. Akan tetapi, dengan best practice dan kebiasaan baik yang telah diterapkan, Maranatha tinggal melanjutkan progres tersebut,” kata Rektor UK Maranatha, Prof Ir Sri Widiyantoro, MSc, PhD, IPU, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/3/2024).

Ia menjelaskan bahwa persiapan akreditasi universitas sudah dilakukan sejak 2020 melalui serangkaian program yang dikembangkan sebagai langkah persiapan jangka panjang.

Perkembangan UK Maranatha beberapa tahun terakhir semakin cepat, sehingga dianggap layak untuk mengikuti proses reakreditasi.

Sri menekankan bahwa keunggulan universitas sangat bergantung pada sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya.

Membangun negeri

Sri juga menjelaskan pentingnya akreditasi Unggul bagi mahasiswa dan alumni.

“Akreditasi institusi Unggul dan akreditasi internasional yang telah berhasil diraih oleh beberapa program studi membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya lebih baik di masa depan, baik di dalam maupun di luar negeri,” sambungnya.

Asesor BAN-PT bersama jajaran pimpinan dan staf UK Maranatha berfoto bersama setelah pelaksanaan asesmen lapangan AIPT, Jumat (15/3/2024).Dok UK Maranatha Asesor BAN-PT bersama jajaran pimpinan dan staf UK Maranatha berfoto bersama setelah pelaksanaan asesmen lapangan AIPT, Jumat (15/3/2024).

Sebelumnya pada sambutan pembukaan asesmen lapangan AIPT, Kepala LLDikti Wilayah IV, Dr M Samsuri, SPd, MT, IPU. mengatakan bahwa LLDikti terus mendorong perguruan tinggi yang bisa memberikan layanan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat.

“Berpacu dalam mutu, bersinergi membangun negeri. Urusan kualitas, kita harus berpacu, tetapi kita punya satu tujuan, bersinergi untuk membangun negeri dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha (YPTKM), Orias Petrus Moedak, SE, mengatakan bahwa akreditasi Unggul memiliki nilai penting karena menunjukkan posisi Universitas di mata masyarakat. Akreditasi juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi pencapaian Universitas.

“YPTKM ikut mengkaji risiko operasional, keuangan, hukum, dan reputasi secara rutin. Yayasan juga turut menyiapkan bukti konkret untuk mendukung target akreditasi yang ingin dicapai,” papar Orias.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com