Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Arsip Wisuda, Cara Alumni dan Akademisi Kenang Masa Lalu

Kompas.com - 04/07/2024, 09:43 WIB
Nugraha Perdana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi


MALANG, KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) menggelar pameran kearsipan dengan tema Wisuda di Gedung Auditorium pada Sabtu (29/6/2024) dan Minggu (30/6/2024). Dalam kegiatan itu, terdapat arsip foto-foto wisuda dari tahun ke tahun.

Kepala Sub Divisi Tata Usaha dan Kearsipan UB, Rizki Mustafani S.Kom mengatakan ada sekitar 30 foto yang dipamerkan tentang kegiatan wisuda di UB dari tahun 1971 hingga saat ini.

Dari foto-foto yang dipamerkan, akan terlihat ada perbedaan kegiatan wisuda dari masa ke masa. Pada tahun 1971, kegiatan wisuda di UB masih dilaksanakan satu tahun sekali berbarengan dengan Dies Natalis.

Baca juga: Beasiswa S1 ke Hong Kong Dibuka, Pelajar Indonesia Segera Daftar

 

Berjalannya waktu, kegiatan wisuda dilakukan dua kali dalam setahun berbarengan dengan Dies Natalis dan penerimaan mahasiswa baru.

"Jadi wisuda tidak berdiri sendiri, ada juga kita mengenal atau melihat wisuda dalam masa Covid-19, bagaimana saat masa masa Covid-19 berlangsung, hingga wisuda saat ini yang dilaksanakan hampir tiap bulan, dua kali," kata Mustafani, Sabtu (29/6/2024).

Menariknya, juga terdapat foto wisuda S1 dari Rektor UB, Prof Widodo yang menjabat saat ini pada tahun 1998. Foto tersebut sumbangan dari ibunda Prof Widodo.

"Kami tidak menampilkan produk arsip kita sendiri, juga sumbangan arsip dari alumni, jadi alumni menyumbangkan arsipnya kepada kami," katanya.

Selain foto-foto berkaitan dengan wisuda, juga terdapat 14 QR Code yang menampilkan profil rektor dari masa ke masa.

Baca juga: 20 Beasiswa S1 sampai S3 yang Buka Bulan Juni hingga Desember 2024

Kemudian, juga terdapat piala-piala bersejarah yang pernah diraih, dan berbagai dokumen lainnya yang dipamerkan.

"Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan sebagian dari sejarah UB kepada mahasiswa-mahasiswa saat ini, dan menjadi nostalgia bagi para alumni, karena juga tadi ada dosen-dosen yang dulunya lulusan sini juga mengenang masa lalu," katanya.

Pihaknya saat ini sedang mengumpulkan berbagai arsip menarik tentang sejarah UB. Kedepan, tidak menutup kemungkinan akan ada pameran kearsipan lainnya yang lebih besar.

Kegiatan digitalisasi terhadap arsip-arsip yang ada juga tengah berjalan dengan progres mencapai 70 persen.

"Kami juga ada video Universitas Brawijaya pada tahun 1963, sudah kami restorasi, masih hitam putih, kami berusaha mengusahakan bentuk aslinya, tetapi diperbaiki dalam bentuk kualitasnya," katanya.

Baca juga: UAD Buka Beasiswa S1 Kedokteran 2024, Kuliah Gratis dan Tunjangan

 

Rektor UB, Prof Widodo mengatakan, dirinya merasa terkejut dan senang ketika bisa melihat kembali foto wisudanya di tahun 1998. Dia mengaku sudah lama tidak melihat foto tersebut.

"Ini juga membuat saya surprise karena ada foto saya saat diwisuda, dan itu saya sudah tidak melihat puluhan tahun, surprise buat saya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com