Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Salam Ganesha Academy Luncurkan ITB Executive Education Program untuk Pemimpin Bisnis

Kompas.com - 05/08/2024, 20:32 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Direktorat Pendidikan Non Reguler bekerja sama dengan Salam Ganesha Academy meluncurkan ITB Executive Education Program (ITB EEP).

Hal itu menjadi langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan kompetensi para eksekutif bisnis dan meningkatkan kinerja perusahaan lewat kurikulum eksekutif yang inovatif.

Berdasarkan jurnal Dampak Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia, pendidikan per pekerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Adapun peningkatan rata-rata pendidikan per pekerja sebesar 1 persen akan menghasilkan peningkatan output sebesar 1,56 persen.

Besarnya dampak pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional itulah yang menjadi pertimbangan Salam Ganesha melalui Salam Ganesha Academy untuk meningkatkan kualitas industri pendidikan nasional, utamanya di level eksekutif yang memiliki andil langsung di bidang profesional.

"Salam Ganesha berambisi untuk menjadi social enterprise yang salah satunya fokus di dunia pendidikan. Kami melihat bahwa ke depannya banyak sekali tantangan bisnis dan entrepreneur yang berpotensi memengaruhi stabilitas perekonomian secara tidak langsung,” ujar Direktur Utama PT Salam Kreasi Ganesha Vanny Wulandary Katili dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (5/8/2024).

Dengan pendekatan pembelajaran blended learning selama 2 bulan, ITB EEP memungkinkan para peserta untuk mengakses materi secara online dan berinteraksi secara langsung dalam sesi tatap muka di Kampus ITB Jakarta, Kuningan.

Program tersebut menawarkan dua topik utama, yaitu AI for Business Leader (AIBL) dan Mini MBA.

AI for Business Leader (AIBL) membantu eksekutif memahami peran kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan menerapkannya dalam proses bisnis guna meningkatkan performa bisnis. Sementara itu, Mini MBA menyediakan keterampilan kepemimpinan bisnis yang tajam dan sesuai dengan kebutuhan bisnis terkini.

"Program ini kami rancang bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Non Reguler ITB untuk memenuhi skill yang urgent dibutuhkan di masa depan. Oleh karena itu, kami membuat program AI for Business Leaders dan Mini MBA,” lanjut Vanny.

Dengan kolaborasi yang erat bersama fakultas SBM ITB dan STEI ITB, materi pembelajaran disusun oleh para ahli dan akademisi ITB untuk memastikan kualitas dan relevansi.

"Melalui ITB EEP, kami berharap dapat membantu menyejahterakan dosen sebagai ujung tombak pendidikan tinggi, serta menciptakan atmosfer dunia pendidikan yang lebih inklusif,” kata Head of Program di Salam Ganesha, Faisal Alviansyah.

Fokus pihaknya, kata Faisal, bukan hanya kepada individu pada level eksekutif, melainkan juga organisasi dengan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“SDM berkualitas sangat menentukan arah kesuksesan perusahaan,” lanjut Faisal.

Ke depannya, Salam Ganesha Academy membuka peluang untuk universitas lain untuk bekerja sama. Strategi ini dijalankan untuk membantu pengembangan kompetensi eksekutif terkini.

Saat ini, layanan dan produk Salam Ganesha Academy dapat diakses melalui https://sgacademy.id/ dan https://eep.sgacademy.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau