Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Digelar Pekan Depan

Kompas.com - 01/03/2014, 14:53 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Wakil Presiden RI, Boediono, direncanakan membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK), Kamis (6/3/2014), di Puri Agung Convention Hall, Hotel Grand Sahid Jaya, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta. Di acara itu Wapres sekaligus memberikan pengarahan kepada peserta rembuk nasional.

RNPK akan berlangsung pada 5-7 Maret 2014. Tahun ini, rembuk nasional mengambil tema “Evaluasi Kinerja Kemendikbud tahun 2010-2014 dan Penuntasan Kurikulum 2013”.

RNPK 2014 ini akan diikuti sebanyak 1007 peserta antara lain berasal dari Pejabat Eselon I dan II Kemdikbud Pusat, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi, Pimpinan PTN, Kopertis, LPMP, LPPKS, P4TK, UPT Kebudayaan, Balai Bahasa, Dewan Pendidikan Tinggi dan Aptisi, P2PNFI, BPPNFI, BSNP, BAN, SEAMEO Centers, Atase Pendidikan, Dubes RI untuk UNESCO, Ketua Harian KNIU, PB PGRI, IGI, LSM (PB Muhamadiah, Ma’arif, HIPKI, HISPPI, Konghuchu, PGI, Hindu, Uskup, Walubi).

Pada hari pertama atau Pra RNPK, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh akan memberikan pengarahan. Acara kemudian dilanjutkan paparan materi tentang Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 dan PMU oleh Dirjen Dikmen dan Kepala BPSDMPK-PMP, Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional 2014 dan Ujian Sekolah/Madrasah oleh Kepala Balitbang, Updating DAPODIK oleh Kepala PDSP, Rekonstruksi Sekolah Akibat Bencana Alam oleh Dirjen Dikdas, Rencana Induk Nasional Pembangunan Kebudayaan oleh Dirjen Kebudayaan, Evaluasi Kinerja dan Rencana Program/Kegiatan PAUDNI oleh Dirjen PAUDNI, Penguatan Kerjasama Bilateral dan Multilateral melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan oleh Kepala Biro PKLN.

Selanjutnya, pada hari kedua RNPK, kegiatan diawali dengan pembukaan RNPK sekaligus pengarahan oleh Wapres RI, Boediono, Paparan Materi Menteri Dalam Negeri dengan topik “Penyelarasan Implementasi Kebijakan dan Program Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan Dalam Rangka Otonomi Daerah: a. Optimalisasi Pemanfaatan DAK; b. Implementasi BOS; c. Dukungan Pelaksanaan Kurikulum 2014 dan Menyukseskan Ujian Nasional 2014”, serta Penandatanganan Kontrak Kinerja Mendikbud dengan Pejabat Eselon I dan Penandatanganan Kontrak Kinerja Pejabat Eselon I dengan Perwakilan Kepala UPT, dan Sidang-sidang Komisi.

Adapun Sidang-sidang Komisi dibagi menjadi 8 Komisi yaitu:
1. Komisi I Kebijakan PAUDNI
2. Komisi II Implementasi Kurikulum 2013 (penyediaan buku)
3. Komisi III Implementasi Kurikulum 2013 (pelatihan guru)
4. Komisi IV Pelaksanaan Ujian Nasional 2014
5. Komisi V Kebijakan Pendidikan Tinggi
6. Komisi VI Kebijakan Pengembangan, Pembinaan, dan Perlindungan Bahasa
7. Komisi VII Kebijakan Pengembangan Kebudayaan
8. Komisi VIII Kebijakan Tata Kelola

Sementara itu, pada hari ketiga RNPK, agenda kegiatan diawali laporan hasil sidang-sidang komisi, Laporan Panitia RNPK, dan sambutan sekaligus penutupan RNPK 2014 oleh Mendikbud. Setelah acara penutupan, Mendikbud akan menggelar konferensi pers.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com