Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merayakan 50 Tahun SEAMEO, Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia

Kompas.com - 07/10/2015, 16:02 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com - Perayaan lima dekade lahirnya Organisasi Menteri-menteri Pendidikan di Asia Tenggara atau Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) di Indonesia resmi digelar mulai hari ini, Rabu (7/10/2015). Perayaan tersebut sekaligus merefleksikan komitmen kuat SEAMEO Centre Indonesia untuk terus mendukung kerja sama di bidang pendidikan bersama negara-negara anggota SEAMEO lainnya.

Digelar sampai Kamis (8/10/2015) di di komplek kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta, rangkaian acara meliputi pameran, seminar, dan SEAMEO Night. Acara tersebut turut mengundang para akademisi dan masyarakat umum yang berminat dalam bidang pendidikan.

"Pameran hari ini menunjukkan hasil yang telah dilakukan untuk memajukan sumber daya. SEAMEO Indonesia telah memberikan kontribusi besar untuk kualitas pertumbuhan pendidikan dan kemajuan dalam bidang maritim, agrikultur dan turis. Anda juga dapat melihat keberagaman budaya nasional Indonesia di sini," Kata Gatot Hari Priowirjanto, Direktur Sekretariat SEAMEO, pada pembukaan acara ulang tahun ke-50 SEAMEO, Rabu pagi.

Pameran bertajuk "50 Tahun Kerja Sama Pendidikan untuk Pembangunan Regional yang Berkelanjutan" itu menghadirkan enam SEAMEO Centre di Indonesia. Acara turut diramaikan oleh sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan SEAMEO, antara lain SMK 37 Jakarta dan SMK Pelayaran, serta komunitas pengerajin hasil karya tradisional khas Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya.

"Ini merupakan salah satu usaha pembinaan pendidikan kita ke depannya. Ada bantuan untuk sekolah menerapkan pembelajaran matematika yang lebih bagus, misalnya. Ini juga menjadi jembatan komunikasi Asia Tenggara agar anak didik mendapat manfaat lebih baik," ujar Didik Suhardi, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang juga hadir pada acara tersebut.

Didik juga mengatakan, hasil kreatifitas dan pembaruan yang dilakukan SEAMEO harus bisa ditularkan ke sekolah sehingga bisa dirasakan manfaatnya untuk guru, siswa, dan kepala sekolah. Nantinya, penelitian atau penerapan ilmu baru dapat langsung dilakukan di sekolah dan sekolah dapat berkembang mandiri menjadi research centre SEAMEO.

Pameran pendidikan tersebut akan dilanjutkan dengan 'SEAMEO NIGHT' sebagai puncak acara malam nanti dan dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Besok, SEAMEO juga mengadakan seminar bertema "Penguatan Karakter dan Kemampuan Guru Indonesia Menuju Masyarakat Global".

Baca: 50 Tahun Bersatunya Menteri Pendidikan di Asia Tenggara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com