Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meringkas Gamelan untuk Generasi TI

Kompas.com - 18/10/2010, 11:06 WIB

Oleh IRENE SARWINDANINGRUM

KOMPAS.om - Sekarang semakin banyak warga dari negara asing mempelajari gamelan. Namun pada saat yang sama, kontras dengan itu, semakin banyak pula generasi muda Jawa meninggalkan seni musik tradisi leluhurnya tersebut.

Fakta ironis ini mendasari tiga pelajar SMA Negeri 1 Yogyakarta menciptakan aplikasi komputer gamelan virtual. "Virtualizing Gamelan", demikian aplikasi komputer itu disebut, menyajikan gamelan dalam bentuk aplikasi komputer yang ringkas dan menarik.

Tiga penggagasnya adalah pelajar Annisa Fitriani (17), Miftah Adiyaksa Luckyarno (16), dan Ninda Frisky Rahmawati (17). Pada kompetisi penelitian Indonesia Young Scientists (Inays) di Bandung pekan lalu, karya ilmiah ini meraih medali emas di bidang komputer dalam. Karya ini juga menjadi salah satu kandidat untuk ikut International Conference of Young Scientists yang berlangsung di Moskwa, Rusia, tahun 2011.

”Saya lihat teman-teman saya lebih tertarik pada musik klasik Barat atau musik tradisional daripada gamelan. Kalau ditanya alasan mereka sama, belajar gamelan mahal dan tidak praktis. Karena itulah, kami ingin membuat aplikasi komputer yang membuat belajar gamelan menjadi lebih murah dan mudah dipelajari,” kata Annisa di Yogyakarta, Rabu (13/10/2010) lalu.

Annisa mengatakan, pembuatan gamelan virtual juga terinspirasi aplikasi angklung virtual yang sebelumnya dibuat pelajar Bandung, Jawa Barat. Keinginan membuat gamelan virtual semakin kuat ketika mereka menemukan banyak aplikasi gamelan virtual di internet yang telah dibuat warga asing.

”Masak kita malah kalah sama mereka,” kata Annisa menambahkan.

Aplikasi ini menyediakan gamelan dalam versi pelog (gamelan tujuh nada) dengan delapan instrumen, yaitu bonang, gong, gambang, kempul, kenong, gender, saron, dan slenthem. Menurut Annisa, gamelan virtual versi pelog ini dipilih karena masih jarang.

Sebagian besar visual gamelan yang telah ada merupakan versi slendro (gamelan lima nada). Aplikasi tersebut mempunyai empat menu, yaitu perkenalan gamelan, bermain dengan orang lain, bermain sendiri, dan menu main.

Pilihan ”bermain dengan orang lain” memungkinkan permainan dilakukan beberapa orang sekaligus melalui sambungan internet. Pada menu ”main”, pemain dapat berlatih gamelan dengan iringan lagu lancaran ”Kebo Giro” dan lancaran ”Udan Mas”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com