Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya KBRI Vietnam Ambil Tindakan

Kompas.com - 23/03/2011, 18:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar sedikit melegakan datang dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Vietnam di Hanoi. KBRI memastikan pada Rabu (23/4/2011) malam Muhammad Febriyanto (21), anggota kontingen Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro (PSM Undip) Semarang yang dirawat di Rumah Sakit Da Nang, diberangkatkan ke Rumah Sakit Ho Chi Minh.

Konsul Penerangan, Sosial, Budaya, dan Pendidikan KBRI Vietnam I Nyoman Gurnitha, ketika dihubungi dari Jakarta, Rabu siang, mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan pesawat carter untuk memindahkan Muhammad Febriyanto atau Febri. Upaya itu dilakukan untuk memberikan pelayanan lebih baik atas kondisi Febri yang hampir dua pekan ini dirawat di Vietnam karena didiagnosis radang paru-paru.

”Kami tidak bisa menggunakan pesawat komersial biasa karena alasan infeksi dan segala macam,” ucapnya.

Nyoman mengatakan, biaya sewa pesawat itu sekitar 13.000 dollar AS. Sekadar perbandingan, jika menggunakan jalur darat, waktu tempuh dari Da Nang ke Ho Chi Minh mencapai 24 jam, lebih lama dibandingkan waktu tempuh Jakarta-Surabaya.

Dokter menyarankan agar Febri dipindahkan ke rumah sakit lain yang memiliki fasilitas perawatan yang lebih lengkap. Dokter khawatir kalau kondisi Febri memburuk, maka tidak dapat melakukan pertolongan yang maksimal.

”Menurut dokter, keadaan Febri cukup serius,” kata Nyoman yang sejak awal mendampingi Febri.

Selama di pesawat, Febri didampingi seorang dokter dan dua perawat. Seperti diberitakan, Rabu (23/3/2011), kontingen PSM Undip meraih juara umum di ajang 1st Vietnam International Choir Festival, 16-19 Maret 2011 lalu di Hoi An. Febri merupakan ketua tim PSM Undip yang sejak tiba di Vietnam telah menunjukkan gejala gangguan kesehatan (Baca: Raih Juara, Nasib Undip Malah Terlunta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com