Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk... Menyiapkan Pendidikan Buah Hati!

Kompas.com - 03/05/2011, 11:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski geleng-geleng kepala karena tak habis pikir dengan makin mahalnya pendidikan, Budi cukup beruntung. Ia sudah menyiapkan dana pendidikan bagi kedua anaknya. Lebih beruntung lagi, dana itu dia siapkan dengan memperhitungkan kemungkinan naiknya biaya pendidikan akibat inflasi.

Mengutip Prita Hapsari Ghozie, perencana keuangan dari ZAP Finance, inflasi biaya pendidikan sangat nyata. Oleh karena itu, dana pendidikan memang harus disiapkan sesuai kebutuhan. Persiapan dana pendidikan semestinya ada di peringkat pertama dalam skala prioritas kesiapan dana kita.

"Misalnya, kalau kita sudah mau pensiun, tetapi uang (kebutuhan sehari-hari) belum cukup, kita bisa jadi tenaga honorer atau berbisnis sendiri. Tapi, kalau pendidikan? Tidak bisa ditunda. Anak umur 7 tahun sudah harus masuk sekolah dasar. Lulus SD, masuk ke sekolah menengah, seterusnya, seterusnya," kata Prita.

Porsi yang dialokasikan untuk dana pendidikan juga paling besar, sekitar 70 persen dari pos investasi. Sisanya, sekitar 20 persen untuk dana pensiun dan 10 persen untuk kebutuhan rutin.

Di masa sekarang ini, menyiapkan dana pendidikan tidak hanya menjadi keharusan bagi keluarga yang sudah memiliki anak. Idealnya, dana pendidikan disiapkan orangtua saat si anak masih berada dalam kandungan. Dengan demikian, sudah ada perhitungan pasti, kapan anak itu akan masuk taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan kuliah.

Bagi para lajang, tak salah juga menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak mereka kelak. Wajar kok, punya mimpi menyekolahkan anak sebaik-baiknya meskipun kita masih berstatus bujang.

Bagi yang sudah berumah tangga, urusan pendidikan juga harus dibicarakan bersama antara suami dan istri, untuk menyatukan persepsi dan keinginan. Apalagi, saat ini ada beraneka ragam sekolah dengan variasi biaya dari yang biasa-biasa saja hingga yang luar biasa. Idealnya, persiapkanlah dana pendidikan dengan menggunakan asumsi biaya sekolah swasta. Atau, jika ingin anak bersekolah ke luar negeri, harus mengambil asumsi negara yang biaya pendidikannya di tengah-tengah.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah kebutuhan dana pendidikan. Apakah hanya untuk uang pangkal, uang masuk sekolah, atau semua biaya pendidikan hingga lulus.

Memang, saat ini banyak institusi atau negara yang menawarkan beasiswa pendidikan. Namun, lebih baik dana pendidikan sudah disiapkan jauh-jauh hari. Sehingga jika di kemudian hari si anak memperoleh beasiswa pendidikan, anggap saja itu bonus.

Setelah semua rencana itu tergambar, pertanyaan selanjutnya adalah adakah uang kita?

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com