Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuh: UKG Macet, Bukan karena Kami Tergesa-gesa...

Kompas.com - 31/07/2012, 15:36 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh membantah pihaknya tergesa-gesa menggelar uji kompetensi guru (UKG). Menurutnya, berbagai kendala yang terjadi dalam pelaksanaan UKG dipicu oleh permasalahan teknis di lapangan.

"Bukan karena kami belum siap atau tergesa-gesa. Tapi persoalan teknis di lapangan menjadi kendala lain," kata Nuh, seusai menghadiri Rapat Kabinet Terbatas Bidang Pendidikan bersama Presiden RI, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (31/7/2012).

Nuh menjelaskan, para guru peserta UKG di sejumlah daerah banyak mengeluhkan spesifikasi diri dalam data peserta UKG. Hal itulah yang kemudian memicu tidak berjalannya sistem komputer karena ada perbedaan dalam spesifikasi tersebut.

"Jadi memang ada persoalan karena spesifikasinya lain, akhirnya sistem tak berjalan," ujarnya.

Meski menghadapi sejumlah kendala, ia memastikan UKG akan tetap berjalan sesuai jadwal. Pihaknya juga telah melakukan monitoring terhadap kelayakan sistem pendukung UKG online. Ia memastikan, sistem online dalam pelaksanaan UKG masih dapat digunakan hingga waktu akhir UKG berlangsung.

Seperti diberitakan, kemarin, hari pertama pelaksanaan UKG diwarnai sejumlah permasalahan. Para guru peserta UKG di beberapa daerah mengeluhkan macetnya sistem online dalam UKG. Atas kejadian itu, Kemdikbud tengah merencanakan jadwal pelaksanaan ulang pada seluruh guru yang tertunda melaksanakan UKG.

UKG sendiri dilaksanakan pemerintah sebagai upaya memetakan kompetensi guru, khususnya guru bersertifikat setelah menerima tunjangan profesi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com