Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Agama Diberi Pemahaman Islam Damai

Kompas.com - 12/08/2015, 20:59 WIB

BEKASI, KOMPAS — Pendidikan agama Islam yang penuh toleransi, menyebarkan kasih sayang, dan moderat berupaya dijadikan arus utama dalam materi pembelajaran agama Islam di sekolah, mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK. Kementerian Agama fokus meningkatkan pemahaman dan paradigma guru- guru agama Islam di sekolah agar mengedepankan pengajaran agama yang membentuk karakter siswa dan membangun toleransi terhadap perbedaan agama, suku, dan budaya.

Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan modul pelatihan guru "Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Rahmatan Lil Alamin untuk Sekolah". Peluncuran modul oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam acara pembukaan Pentas Pendidikan Agama Islam Ke-7 di Bekasi, Selasa (11/8). Acara dua tahunan tersebut merupakan kegiatan lomba keterampilan dan seni bagi siswa yang mengikuti pendidikan agama Islam di jenjang SD-SMA/ SMK.

"Modul pembelajaran ini semoga bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman siswa sekolah terhadap nilai dan ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin," kata Lukman. Secara simbolis, modul diserahkan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Ahmadi.

Menurut Lukman, modul pelatihan itu dibutuhkan agar semua guru PAI punya pemahaman dan paradigma sama, bukan cuma substansi materi, melainkan juga metodologi cara ajar. Para guru PAI perlu pelatihan. Karena itu, modul akan disebar.

Bekal pemimpin

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan, penting membekali para siswa sekolah yang akan menjadi pemimpin bangsa dengan pemahaman keagamaan yang damai, toleran, dan menghargai keragaman. Secara praktis, Kemenag terus berupaya meningkatkan mutu PAI di sekolah, salah satunya dengan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler melalui Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) nasional.

Direktur Pendidikan Agama Islam Kemenag Amin Haedari mengatakan, ada sekitar 200.000 guru agama Islam di sekolah. Pelatihan dilangsungkan secara bertahap dimulai di jenjang SMA/SMK di beberapa provinsi, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara. (ELN)

_______________________________

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 12 Agustus 2015, di halaman 12 dengan judul "Guru Agama Diberi Pemahaman Islam Damai".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com