Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Khataman Bareng Sekarang Bisa lewat Ponsel!

Kompas.com - 30/10/2016, 20:52 WIB


KOMPAS.com —
Sukses mencatatkan rekor khataman serentak secara nasional beberapa waktu lalu, Gerakan Nusantara Mengaji kembali membuat gebrakan. Kali ini, mereka menghadirkan aplikasi di gadget yang memungkinkan orang-orang berbeda lokasi menggelar khataman bersama.

"Ini adalah aplikasi khataman online pertama di dunia. Masyarakat dapat terhubung bersama-sama melaksanakan khataman Al Quran secara serentak," ujar Koordinator Nasional Mengaji, Jazilul Fawaid, lewat siaran pers-nya, Minggu (30/10/2016).

Khataman adalah kegiatan setelah seseorang atau sekelompok orang menyelesaikan bacaan 30 juz Al Quran. Saat ini, lanjut Jazilul, aplikasi tersebut dapat diunduh lewat Google Store bagi pengguna gadget dengan sistem operasi Android. Nama aplikasi tersebut adalah "Nusantara Mengaji".

Berbicara di sela khataman akbar Al Quran di Masjid Siti Rawani, Jati Asih, Bekasi, Jazilul menyebutkan aplikasi ini juga memasukkan 30 juz Al Quran di dalamnya, lengkap dengan fitur pencari juz. Khataman bersama dapat dilakukan dan dijadwalkan lewat fitur "Khatamanku".

Sementara itu, perwakilan Dewan Penasihat Nusantara Mengaji, Prof KH Akhsin Sakho Muhammad, menambahkan, orang-orang yang sama-sama memilih juz Al Quran memakai fitur tersebut bisa melakukan khataman bersama.

"Sistem pun akan mencatat berapa orang yang mengikuti khataman serta berapa kali khataman yang telah dilaksanakan," imbuh Akhsin.

Selain fitur bacaan Al Quran dan khataman, aplikasi tersebut mencantumkan pula informasi seputar keislaman, tafsir, dan khazanah keilmuan Islam lainnya.

"Ini media edukatif dan informatif terutama dalam era digital saat ini. Silakan unduh secara gratis, mudah-mudahan melalui aplikasi Nusantara Mengaji ini bisa menjadi nilai ibadah sekaligus media silaturahim kita," lanjut Akhsin.  

Khataman akbar dan Hari Santri

Peluncuran aplikasi ini diumumkan berbarengan dengan acara khataman akbar yang digelar di Bekasi, Minggu. Khataman tidak berpusat di satu lokasi saja, tetapi juga berlangsung serentak di 200 lokasi di 56 kelurahan dari 12 kecamatan di Kota Bekasi.

Dok Nusantara Mengaji Khataman akbar berlangsung di Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (30/10/2016). Kegiatan tak hanya berpusat di satu lokasi, tetapi juga serentak berlangsung di 200 lokasi di 56 kelurahan dari 12 kecamatan di Kota Bekasi. Pada hari yang sama diluncurkan pula aplikasi online khataman, serta penyerahan beasiswa untuk para hafidz dan infak sejuta Alquran.

Dalam acara tersebut, diserahkan pula beasiswa untuk 20 hafiz—penghafal 30 juz Al Quran—dan infak sejuta Al Quran.

Inisiator Nusantara Mengaji, Abdul Muhaimin Iskandar, mengatakan, wajah Islam Indonesia seharusnya menjadi teladan sebagai umat terbesar dan terbaik di dunia.

Kunci untuk mewujudkan hal itu, ujar Muhaimin, adalah pada kecintaan setiap Muslim terhadap agama dan Al Quran. “Khususnya mencintai, menghafalkan, dan mengamalkan kitab suci tersebut,” ujar dia di Bekasi, Minggu.

Karenanya, Muhaimin mengajak umat Islam menjadikan Al Quran sebagai pegangan dan pedoman menjalani tantangan dan kehidupan. Ini penting, kata dia, agar bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara mana pun, tetapi tetap berpijak pada Islam dan Al Quran.

Menurut Muhaimin, akar spiritualitas tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi, ujar dia, negara  mana pun yang merupakan model kemajuan saat ini tengah mengalami krisis.

Pada akhirnya, kata dia, kekuatan lahir batin dari setiap individu di dalam negara itulah yang akan mengatasi krisis ini. “Kita harus siapkan generasi tangguh dan tetap memiliki spirit Al Quran yang mengakar,” ujar Muhaimin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com