Sekolah Ipeka Bawa Pulang 6 Medali Olimpiade Sains Nasional - Kompas.com

Sekolah Ipeka Bawa Pulang 6 Medali Olimpiade Sains Nasional

Kompas.com - 23/07/2017, 12:21 WIB
Sekolah IPEKA membawa pulang 1 medali emas, 2 perak dan 3 medali perunggu pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar pada 2 - 8 Juli 2017 di Pekanbaru, Riau. Dok Ipeka Sekolah IPEKA membawa pulang 1 medali emas, 2 perak dan 3 medali perunggu pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar pada 2 - 8 Juli 2017 di Pekanbaru, Riau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah Ipeka membawa pulang 1 medali emas, 2 perak dan 3 medali perunggu pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar pada 2 - 8 Juli 2017 di Pekanbaru, Riau. Delapan 8 siswa diikutsertakan dalam OSN 2017 ini.

Di tingkat SMA, Ricky Linarto dari SMAK Ipeka Sunter meraih medali emas untuk bidang ilmu biologi. Sementara itu, Hanvey Xavero dan Stefanus, masih dari sekolah yang sama, memboyong medali perak di bidang ilmu kebumian dan kimia.

Adapun Patrick Bryan Nugraha dari SMAK Ipeka Integrated membawa pulang medali perunggu di bidang fisika. Sementara di tingkat SMP, dua dari putri SMPK IPEKA Puri Jakarta meraih medali perunggu. Mereka adalah Jessica untuk mata pelajaran IPA, dan Michelle Chrisalyn Djunaidi untuk mata pelajaran Matematika.

"Saya kira ini berkat kesungguhan para siswa dan guru yang selalu mendampingi untuk mempersiapkan diri menjadi peserta agar fokus belajar dan rajin mengerjakan berbagai latihan soal yang diberikan," ujar Theo Kurniadi, Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Ipeka, Sabtu (22/7/2017).

Michelle Chrisalyn Djunaidi, siswa SMP IPEKA Puri Jakarta meraih medali perunggu untuk tingkat SMP di OSN 2017. Michelle Chrisalyn Djunaidi, siswa SMP IPEKA Puri Jakarta meraih medali perunggu untuk tingkat SMP di OSN 2017.
OSN 2017 merupakan perlombaan ilmu sains untuk tingkat pendidikan SD, SMP dan SMA yang digelar untuk keenam belas kali. Tahapan seleksinya dimulai dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional.

Ada sembilan bidang keilmuan diuji pada tingkat nasional, yaitu matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi. Penilaian dilakukan oleh tim juri independen dari kalangan akademisi perguruan tinggi dan sejumlah praktisi.
 
Tahun ini total peserta OSN sebanyak 1.280 peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA. Dari jumlah tersebut, yang berhasil lolos seleksi dan maju pada OSN tingkat nasional sebanyak 396 peserta. Mereka terdiri dari 132 siswa bidang IPA, 132 siswa bidang IPS dan 132 siswa bidang matematika. Adapun medali yang diperebutkan untuk masing-masing bidang yaitu 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu.
 
"Kami bersyukur atas prestasi ini. Pada dasarnya kami tidak pernah mematok target untuk memenangkan kompetisi. Tapi, kami yakin kerja keras dan selalu fokus membuat semua yang kami kerjakan akan berbuah positif," ujar Theo.
 
Ricky Linarto, peraih medali emas, mengatakan bahwa kunci sukses memenangkan kompetisi ini adalah hanya dengan metode belajar latihan soal dan praktikum.

"Yang terpenting itu jangan pernah menyerah untuk meraih mimpi, walaupun sebelumnya belum berhasil," ucapnya.

EditorLatief
Komentar