Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ojek Lusi" dan "Identitas" di UMN Screen 2018

Kompas.com - 03/05/2018, 19:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi Film dan Televisi, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali mengadakan "UMN Screen" yang kini telah memasuki tahun ke-6.

Acara tahunan yang diadakan sejak tahun 2013 ini bertujuan memperkenalkan karya terbaik mahasiswa UMN terutama di bidang film dan animasi kepada publik.

Tema “Identitas” diangkat menjadi tema UMN Screen 2018. Identitas dianggap sebagai sesuatu yang melekat dan merupakan keadaan khusus yang menjadi ciri individu atau suatu kelompok. Identitas menjadi refleksi diri dan persepsi orang lain terhadap diri.

"Film menjadi bentuk 'Identitas' pembuat film untuk menunjukkan sudut pandang terhadap isu tertentu," jelas Humas UMN Screen 2018 Joshua Manday kepada Kompas.com.

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (2/5/2018) UMN Screen memutar film dokumenter "Ojek Lusi" di GoetheHaus, Menteng, Jakarta.

Baca juga: Terobosan Pembelajaran Kolaboratif di UMN

"Ojek Lusi” merupakan film dokumenter karya sutrada Winner Wijaya dan produser Antonius Willson yang mengangkat isu Lumpur Sidoarjo.

Film ini berhasil meraih Juara 2 Festival Film Puskat 2017 dan baru saja meraih Film Terbaik Dokumenter Mahasiswa Malang Film Festival 2018.

Film mengangkat isu sebelas tahun setelah Lumpur Sidoarjo atau "Lusi" yang menyembur dan menenggelamkan enam belas desa di tiga kecamatan. Beberapa warga korban lumpur mencari penghasilan dengan menjadi tukang ojek dan tour guide di daerah "wisata lumpur" itu.

Festival film akan berlanjut hingga 4 Mei 2018 mengambil tempat di Lecture Theater,
UMN, Tangerang Selatan.

UMN Screen 2018 telah menyeleksi 29 film pendek dengan tema identitas yang beragam dan merupakan karya terbaik mahasiswa UMN.

Disamping pemutaran program utama tersebut, UMN Screen mengadakan Lomba “Art in Motion” pada 3 Mei 2018 dan Special Screening “Night Bus” (Film Terbaik FFI 2017) pada 4 Mei 2018.

Ada 3 jenis lomba “Art in Motion” yang baru diadakan untuk pertama kalinya yakni lomba Character Design, lomba Story Board dan lomba Sound Design. Dalam acara juga akan diisi dengan talkshow bersama para juri lomba dan penyerahan hadiah bagi para pemenang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com