Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal Ini Dapat Diajarkan pada Anak Saat Ramadhan

Kompas.com - 31/05/2018, 22:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai bulan wajib berpuasa, Ramadhan memiliki beragam hikmah dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Sayang bila dilewatkan begitu saja, ada banyak hal yang dapat kita ajarkan pada anak di bulan Ramadhan ini.

Dikutip dari laman resmi Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Khusnul Khotimah Guru TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Banyumas memberikan beberapa hikmah Ramadan yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak:

1. Dekat dengan Tuhan

Ramadhan adalah saat tepat mengajari buah hati kita untuk lebih dekat dengan Tuhan. Ajak dan biasakan mereka ke masjid atau mushala untuk menunaikan ibadah wajib maupun sunah.

Buat anak-anak merasa lebih dekat dengan Allah dan terbiasa berada di masjid atau mushala. Dengan demikian, kita bisa berharap mereka mencintai masjid atau mushala bukan saja saat Ramadahn tapi juga selepasnya.

Baca juga: Bagaimana Guru Mendukung Siswa Selama Ramadhan

2. Mengajar disiplin

Ramadhan merupakan momen tepat untuk mengajarkan disiplin. Makan dan minum selama Ramadhan sudah terjadwal waktunya, yaitu saat sahur dan berbuka. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan pada buah hati kita untuk disiplin dalam melakukan segala aktivitas. Terlewat sedikit saja waktu saat sahur, mereka tidak bisa makan dan minum.

3. Belajar menahan keinginan 

Bulan ini menjadi momen tepat mengajari hal menahan keinginan. Selama berpuasa Ramadhan, selapar dan sehaus apapun anak-anak akan berusaha mengendalikan diri untuk tidak makan atau minum.

Ini akan memberikan pelajaran berharga bagi buah hati kita bahwa menginginkan sesuatu tidak harus langsung dipenuhi tapi membutuhkan waktu dan proses.

4. Memiliki jiwa sosial tinggi 

Ramadhan juga momen penting bagi umat Islam banyak bersedekah. Misal, saat kita mendapat jadwal menyediakan menu berbuka puasa di masjid, libatkan buah hati ikut menyiapkannya.

Hal ini dapat memberikan pelajaran nyata bagi mereka untuk memiliki jiwa sosial tinggi. Begitu juga misalnya ketika berkunjung ke panti asuhan atau lembaga sosial lainnya untuk menyerahkan bantuan, jangan lupa melibatkan anak-anak.

Ramadhan adalah bulan pendidikan untuk buah hati. Banyak hal yang bisa kita ajarkan secara nyata. Jangan sampai terlewatkan begitu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com