Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Alasan Anak Nekat Minggat

Kompas.com - 08/06/2018, 20:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pernah mendengar ada (atau banyak) remaja kabur dari rumah?

Menurut hasil penelitian Dr. Brett Laursen, profesor dan peneliti dari Departemen Psikologi Universitas Florida Atlantic, remaja awal lebih banyak mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap ibu daripada teman, pacar, saudara, ayah, atau orang dewasa lainnya. 

Remaja awal, sekitar usia 13-15 tahun umumnya merupakan waktu ketika konflik antara remaja dan orang tua meningkat tajam. Biasanya ini terjadi bersamaan dengan perubahan fisik dan kemampuan daya pikir anak yang berkembang dan menemukan cara pandang baru.

Sumber konflik bermacam-macam, misalnya soal anak mulai senang main dan jarang di rumah, anak remaja mulai senang dengan lawan jenis, perbedaan pandangan soal belajar, soal penggunaan handphone, dan sebagainya.

Penelitian lainnya yang mengambil sampel beberapa SMA menunjukkan bahwa konflik paling banyak terjadi dengan ibu, dan mayoritas terjadi antara ibu dan anak perempuan.

Lalu apa yang membuat sampai anak nekat kabur atau minggat dari rumah? Laman resmi Sahabat Keluarga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merangkum penyebab anak nekat minggat dari rumah karena beberapa faktor:

1. Suasana rumah tidak nyaman

Secara umum, remaja kabur dari rumah disebabkan ketidaknyamanan mereka berada di rumah. Banyak yang berani pergi dari rumah karena penyiksaan orang tua atau orang dewasa lainnya. Ada pula orang tua pecandu obat atau alkoholik. Pada beberapa kasus, bisa jadi karena orang tua tidak mampu menafkahi dengan baik. Orang tua yang cepat marah maupun orang tua yang gagal memberikan perhatian pada remaja juga menjadi penyebab kaburnya remaja dari rumah.

2. Bukan soal ekonomi semata

Remaja yang kabur dari rumah bukan hanya dari kalangan sosial ekonomi lemah. Pada kalangan sosial ekonomi menengah, biasanya remaja memutuskan untuk kabur dari rumah ketika sudah lelah dengan orang tua yang bermuka dua, orang-orang yang mengaturnya, sedangkan mereka hidup dengan bebas dan idealisme-idealisme yang salah.

3. Proses bertingkat

Kabur dari rumah sering kali merupakan proses yang bertingkat. Mulanya remaja jarang di rumah dan lebih banyak di jalan atau dengan teman. Orang tua biasanya mengingatkan tapi mereka tidak mengerti kenapa harus di rumah dan mengapa orang tua harus peduli mereka.

Baca juga: Antara Karier, Pendidikan dan Dukungan Orangtua

Soal remaja kabur dari rumah juga ditulis Dr. Musthofa Abu Sa’id, Konsultan Kepribadian dan Pendidikan dari Kuwait dalam bukunya “Mendidik Remaja Nakal”.

Menurutnya, penyebab kaburnya remaja dari rumah itu disebabkan beberapa hal, antara lain :

1. Orang tua tidak menggunakan cara positif dan efektif dalam berkomunikasi dengan anak

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com