Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Lulusan Baru Siapkan Diri Bekerja di Masa Liburan Ini

Kompas.com - 22/06/2018, 21:46 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bagi mereka yang baru saja lulus, mempersiapkan CV saja belum cukup untuk mendapatkan pekerjaan. Saat ini persaingan begitu ketat, sangat penting untuk terlihat menonjol di antara banyak pelamar yang bersaing mencari kerja.

Liburan panjang ini merupakan saat tepat bagi kita 'menyalip di tikungan' untuk mempercantik CV sebelum mendapatkan pekerjaan baru.

1. Buat akun LinkedIn

LinkedIn adalah media sosial khusus bagi kalangan pekerja atau profesional yang dapat dijadikan alat berharga oleh semua yang baru lulus sarjana. Gunakan masa liburan kita untuk membuat atau memperbarui halaman LinkedIn dan gunakan untuk memamerkan keahlian, dan terhubung dengan orang-orang yang memiliki kesamaan visi atau ketertarikan.


2. Membangun jaringan awal

Membangun jaringan dengan orang-orang dari dalam industri pilihan kita sangat penting bagi untuk mengenalkan diri kita setelah lulus. Bertemu tatap muka adalah cara terbaik untuk mendapatkan kontak.

Baca juga: Daftar 10 Universitas Terbaik Asia 2018 - 2019

 

Cobalah mencari grup-grup yang terkait dengan bidang Anda di Facebook atau LinkedIn dan kemudian mulailah membuka jaringan dengan anggota lain.

3. Kerja Magang

Magang merupakan cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman tentang industri yang ingin kita tekuni. Beberapa memang dibayar namun ada pula yang hanya menawarkan 'pegganti transport', tetapi semuanya dirancang untuk memberi kita pengalaman kerja nyata.

Tidak jarang perusahaan mencari karyawan tetap melalui proses magang ini. 

4. Menjadi relawan

Menjadi relawan juga merupakan cara terbaik untuk 'mempercantik' CV kita karena ini membuktikan kita bersedia menginvestasikan waktu untuk melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain.

5. Menambah 'ilmu'

Ada banyak kursus keterampilan yang menawarkan kursus singkat saat liburan. Hal ini tentunya akan menambah kualifikasi CV kita. Proses pembelajaran selama kursus singkat juga akan menjaga tingkat motivasi kita tetap tinggi dan membuat transisi masuk ke dunia kerja menjadi lebih mudah.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com